06 Jan 2015

Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Tel-U Raih Akreditasi A

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi Fakultas Teknik Elektro Telkom University berhasil meraih peringkat akreditasi A. Keputusan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014 tanggal 2 November 2014.  Kabar keputusan ini diterima oleh Dekan Fakultas Teknik Elektro Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T pada senin pagi (5/1/2015). Melalui asesmen desk evaluation tahap 22 BAN-PT prodi Teknik Telekomunikasi Tel-U memperoleh nilai skor 370. Berdasarkan ketentuan BAN-PT, perguruan tinggi yang berhak memperoleh nilai akreditasi A berada diantara nilai 361- 400.

“Nilai tersebut bisa dibilang tinggi. Ada beberapa standar yang dinilai dalam penentuan akreditasi A. Di antaranya tingkat pendidikan dosen, proses belajar mengajar, kurikulum, proses monitoring dan evaluasi, penelitian, pengabdian masyarakat, serta sarana dan pra sarana,” kata Rina, Selasa (6/1/2015). Lanjutnya, penilaian akreditasi ditinjau dari bagaimana kurikulum dan implementasinya pada tata kelola akademik. Tak hanya itu, jumlah banyaknya dosen Doktor juga sangat menentukan dalam proses akreditasi.

Tentu mempertahankan akreditasi ini bukanlah hal yang mudah. Namun S1 Prodi Teknik Telekomunikasi justru bertekad meningkatkan diri ke standar internasional. Rencana tahun ini, prodi S1 Teknik Telekomunikasi akan mengajukan akreditasi internasional JABEE.

“Juli 2015 kami berencana untuk mengajukan akreditasi internasional. Di bulan Juli pula kami akan membuka kelas internasional dan mengembangkan kerjasama double degree   dengan Kumoh University Korea,” kata Rina.- risca/purel

Previous Article Next Article

Leave a Reply