19 Jan 2015

Prodi Teknik Industri Tel-U Raih Akreditasi A

BANDUNG, TEL-U – Program Studi S1 Teknik Industri Fakultas Rekayasa Industri Telkom University berhasil meraih peringkat akreditasi A. Keputusan ini berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tanggal 15 Desember 2014.

“Sebelumnya telah dilakukan visitasi pada tanggal 7 dan 8 November tahun lalu oleh BAN-PT. Dan ada beberapa standar yang menjadi perhatian pada proses akreditasi,” kata Kaprodi Teknik Industri, Rino Andias Anugraha, ST., MM, Sabtu (17/1/2015). Sedangkan SK akreditasi BAN-PT diterima Rino Kamis. (15/1/2015).

Menurut Rino, prodi Teknik Industri terus melakukan perbaikan pada kurikulum, serta menerapkan metode-metode baru pada proses pengajaran dan perkuliahan. Untuk mempertahankan peringkat akreditasi A bukan hanya persiapan sehari dua hari. Perbaikan tersebut menjadi bagian dari keseharian dan dilakukan bertahun-tahun. Setiap perbaikan terus dipelajari dan dievaluasi tanpa henti.

“Hasil penialaian yang baik tidak hanya dicapai dengan menyusun borang saja. Tapi untuk membuat isi borang akreditasi baik, ya prosesnya yang harus bagus,” kata Rino.

Teknik Industri memperoleh akreditasi A dengan skor 362. Kata Rino, dari sekian banyak standar yang dinilai BAN-PT, standar kurikulumlah yang menyumbangkan poin paling besar pada perolehan skor tersebut.

Dengan akreditasi ini, Rino berharap Teknik Industri akan semakin baik lagi dalam kualitas pengajaran. Baginya akreditasi bukan tujuan utamanya. “Melainkan kualitas yang dijaminkan kepada seluruh lulusan, pengguna lulusan, bangsa dan negara,” katanya. (purel/ risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply