10 Jun 2015

Prof Paul Bijleveld: Aspek Psikologi Kunci Sukses Sistem Inovasi

BANDUNG, TEL-U – Untuk membangun budaya bisnis dan inovasi, wawasan teknologi saja ternyata belum cukup. Dibutuhkan faktor yang tidak kalah pentingnya, yaitu psikologi. “Aspek psikologi membangun motivasi untuk menjadi inovator dan entrepreneur. Inilah kunci sukses dalam membangun sistem inovasi,” kata guru besar dari Saxion University Prof. Paul Bijleveld, Senin (8/6).

Pernyataan Paul disampaikan dalam kuliah umum yang digelar di Ruang Multimedia, Gedung Bangkit Telkom University. Kuliah umum ini dihadiri oleh sejumlah dosen dan mahasiswa Telkom University.

Paul mencontohkan, Silicon Valley yang terkenal itu kerap membuat decak kagum. Kunci keberhasilan Silicon Valley, kata Paul, antara lain dari kepemimpinan yang visioner ditunjang dengan strategi bisnis yang tepat, hingga inovasi yang tiada henti yang dibangun oleh sumber daya manusia kreatif.

Menurut Paul, aspek psikologi menumbuhkan kesadaran berdasarkan nalurinya untuk menjadi bagian dari pembangunan untuk bertahan hidup. Secara naluriah mereka akan memaksimalkan inovasi saat ini dan berfikir untuk menciptakan inovasi di masa mendatang. Ia memperhitungkan keuntungan jangka panjang ketimbang jangka pendek. “Sistem inovasi akan tergantung pada orang-orang yang aktif menghubungkan dan menjembatani jarak sosial,” katanya.

Paula menambahkan, universitas mengajarkan generasi muda yang tetap harus mendapatkan dukungan psikologi dari pihak kampus. Saat mereka memulai start up company, aspek psikologis tersebut akan mendorong mereka akan lebih inovatif mengembangkan teknologi-teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Mereka pun akan mampu bertahan mengembangkan bisnisnya,” papar Paul. (Purel/Risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply