05 Mar 2015

Pukyong National University dan FTE Tel-U Jajaki Kerjasama Riset Visible Light Communications

BANDUNG, TEL-U – Fakultas Teknik Elektro Telkom University (FTE Tel-U) dan Pukyong National University Korea Selatan, melakukan pertemuan penjajakan kerjasama, Selasa sore (3/3). Pertemuan yang berlangsung di gedung FTE itu dihadiri oleh dosen FTE dan Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Tel-U.

Pada pertemuan penjajakan kerjasama tersebut Professor Department of Information and Communications Engineering Pukyong National University, Yeon Ho Chung, Ph.D.,D.I.C menyampaikan maksudnya untuk bekerjasama dosen Tel-U untuk penelitian di bidang Visible Light Communication.

Menyambut baik maksud Yeon Ho Chung, Dekan FTE Tel-U Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T mengatakan ingin menyatukan penelitian dengan dosen FTE. “Ada beberapa teman dosen di FTE dan FIT melakukan penelitian dibidang Visible Light Communication. Penelitian ini bisa dikerjasamakan,” kata Rina.

Visible light communication adalah teknologi komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai perantaranya. Cahaya tampak tidak hanya dimanfaatkan sebagai penerangan saja. Banyak sekali potensi yang bisa manfaatkan dari cahaya tampak salah satunya adalah untuk perantara komunikasi. “Perantara cahaya justru lebih aman daripada gelombang elektromagnetik walaupun frekuensinya lebih tinggi,” ujar Yeon Ho Chung.

Pada pertemuan itu, Rina juga menjajaki kesempatan kerjasama lainnya yakni student exchange. Namun sementara ini, kerjasama yang memungkinkan antara Tel-U dan Pukyong National University baru di bidang joint research. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply