26 Nov 2015

Pusat Bahasa Tingkatkan Kemampuan Tutor dan Helper ESAP

BANDUNG, TEL-U – Lembaga Pusat Bahasa Telkom University (Tel-U) menyelenggarakan Upgrading Tutor dan Helper English Self Assist Program (ESAP) di Gedung Pusat Bahasa Telkom University, Minggu (22/11). Kegiatan ini bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan maupun Helper untuk memberikan materi kepada peserta ESAP.

Tutor dan Helper untuk ESAP berasal dari mahasiswa Tel-U sendiri. Manajer Pusat Bahasa Tel-U, Ima Nurmalia Kusmayanti, M.Pd mengatakan, beberapa mahasiswa Tel-U sudah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, “Tapi mereka juga perlu mempertahankannya melalui interaksi sehingga kemampuan berbahasa Inggris mereka bisa terpakai,” ujarnya.

Sebanyak 49 Tutor dan 79 Helper mengikuti kegiatan Upgrading ini. Mereka diberikan materi oleh para Instruktur berkaitan dengan kegiatan ESAP. Para Tutor dan Helper juga diberikan simulasi bagaimana memberikan dan mengajarkan materi kepada para peserta ESAP nantinya.

Helper ESAP saat ini rata-rata diambil dari mahasiswa angkatan 2015 yang memiliki skor ECCT 3,333 dan EPRT 450. Ima menjelaskan, Helper tersebut jika ingin menjadi Tutor haruslah menaikan skor ECCT menjadi 3,5 dan EPRT menjadi 500. “Dengan adanya Upgrading ini, diharapkan agar Tutor dan Helper bisa salin berbaur dan memberikan inspirasi satu sama lain,” ujarnya.

ESAP awalnya adalah satu layanan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa Tel-U. Kegiatan ini diharapkan membantu mahasiswa yang mempunyai kekurangan dalam berbahasa asing itu. “Kedepannya, kegiatan ESAP ini diharapkan dapat dikembangkan juga untuk alumni, dosen, dan staf,” katanya. (purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply