27 Jan 2017

Pusat Riset Telkom University Kembangkan Teknologi 5G dan 6G

BANDUNG, Telkom University – Perkembangan teknologi ICT saat ini sudah sangat pesat, oleh karena itu Telkom University melalui  Research Center for Advanced Wireless Technologies (AdWiTech) akan kembangkan teknologi 5G dan 6G untuk perkembangkan dunia telekomunikasi baik nasional maupun internasional.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Research Center for AdWiTech Telkom University Associate Professor Khoirul Anwar, pada Sharing Session yang diadakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) di Bandung Techno Park, Kamis (26/1).

Selain Khoirul Anwar dalam acara ini juga menghadirkan panelis yang berasal dari unsur Quadruple Helix, Academic, Business, Government, Community. Mereka adalah Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang lainnya Lukito Hasta P, Direktur Bandung Digital Valley  Dibya Pradana, Direktur Bandung Techno Park Jangkung Rahardjo, dan Direktur PT. Bakti Unggul Teknovasi Totok Gunarto.

Mengangkat tema “Pengembangan Innovasi dan Komersialisasi Hasil-hasil Riset Melalui Peningkatan Sinergi Academic, Business, Government, Community (ABGC)” Ketua YPT Dwi S. Purnomo mengatakan selain memperkokoh sinergi di internal YPT, kerjasama pun harus dijalin dengan pihak lain. Salah satunya melalui kerjasama Quadruple Helix.

“YPT memiliki perguruan tinggi sebagai penghasil riset, kemudian dikembangkan dan diinkubasi di BTP.  Hasil-hasil pengembangan ini selanjutnya dikomersialisasi di anak perusahaan YPT yaitu PT. BUT. Namun kami pun perlu untuk bekerjasama dengan pemerintah,”ungkapnya.

Melalui kerjasama ini, Dwi berharap perguruan tinggi YPT dapat termotivasi untuk dapat meningkatkan produktivitas juga kualitas penelitiannya. Sehingga dapat dikembangkan dan dikomersialisasikan. Hal ini  tak hanya berdampak pada riset, tapi juga berdampak signifikan pada peningkatan kualitas SDM dan kualitas pengajaran.

“Inilah bakti kami pada negeri ini, menciptakan generasi unggul melalui lembaga pendidikan yang kami miliki,”pungkasnya.

Dalam acara ini juga para pimpinan dibawah YPT Group menandatangani pakta sinergi dan kerjasama guna meningkatkan sinergi antar institusi untuk sama-sama meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dibawah YPT group, serta mengembangkan kerjasama pengembangan inovasi dan komersialisasi hasil riset, dan saling mendukung guna tercapainya visi dan misi YPT. (PR/YPT)

Previous Article Next Article

Leave a Reply