09 Jul 2015

Ratih Alifah Putri, Mahasiswi DKV FIK Jadi Duta Gala Lestari Batik Ambasador 2015

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa Disain Komunikasi Visual (DKV) Telkom University (Tel-U) angkatan 2013, Ratih Alifah Putri, berhasil menjadi Duta Gala Lestari Batik Ambassador 2015. Pengukuhan Duta Gala Lestari Batik Ambasador berlangsung di Ruang Serba Guna Ramayana Padalarang, Senin (6/7). Acara yang diselenggarakan oleh Batik Sekar Putri Provinsi Jawa Barat itu memilih duta ambassador yang muda dan berprestasi untuk mempromosikan batik Jawa Barat sebagai salah satu warisan Nusantara.

“Saya mewakili Telkom University dan Kabupaten Bandung. Alhamdulillah, terpilih untuk mempromosikan batik,” kata Ratih, Rabu (8/7).

Untuk menjadi Duta Gala Lestari Batik Ambassador ini, tambah Ratih, dirinya harus mengikuti serangkaian tahap seleksi. Mulai dari seleksi tes wawasan pengetahuan, seni dan budaya batik, wawasan macam-macam batik Nusantara. “Saya juga mengikuti serangkaian kegiatan pertunjukan prestasi dan bakat, public speaking, latihan membatik dan latihan catwalk,” tutur Ratih.

Ratih menyayangkan belum banyak remaja jaman sekarang yang melestarikan batik sebagai kekayaan bangsa. Namun dirinya sangat tertarik dengan nilai seni dari motif-motif batik. Setelah dinobatkan menjadi Duta Gala Lestari Batik Ambassador 2015, dirinya akan disibukan dengan serangkaian kegiatan promosi batik, khususnya batik Jawa Barat.

“Insya Allah kegiatan promosi batik akan dimulai awal Agustus. Awalnya Batik Jawa Barat dulu yang akan dipromosikan. Namun kedepan saya berencana untuk membuat animasi tentang batik. Animasi dibuat untuk mempromosikan batik kepada anak-anak, remaja hingga dewasa. Konsepnya, animasi akan dibuat dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sehingga animasi dapat layak jual ke mancanegara,” tuturnya. (Purel/Risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply