10 Feb 2016

Rektor Ajak Kaprodi Tingkatkan Jumlah Penelitian

GARUT, TEL-U – Rektor Telkom University (Tel-U) Prof Ir Mochamad Ashari, M Eng, PhD mengajak para kaprodi untuk meningkatkan jumlah penelitian di program studi masing-masing. Karena peningkatan kuantitas penelitian di seluruh program studi dapat mendorong pencapaian prestasi institusi.

Hal ini disampaikan Rektor pada rapat pimpinan di Garut, Selasa (9/2). “Terimakasih atas prestasi yang telah diraih Tel-U selama ini, tapi saya berharap agar bapak ibu dapat lebih bersemangat lagi dalam mengingkatkan penelitian,” ujarnya.

Rektor juga menyampaikan sejumlah pemeringkatan (ranking) terhadap Tel-U yang dilakukan oleh beberapa institusi dengan berbagai kriteria penilaian. Pertama, pemeringkatan Webometric yang dikeluarkan Januari lalu. Pada pemeringkatan ini, Indonesia peringkat ke-29 dan ranking 3.236 dunia. Peringkat ini naik dari tahun lalu yang berada di posisi 4.606 dunia.

Kedua, berdasarkan pemeringkatan International Colleges and Universities (4icu) 2016, Tel-U berada di posisi lima terbaik Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan peringkat ke-23 jika disandingkan dengan seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Pada pemeringkatan ini, posisi ke-1, 2, dan 3 diduduki Instititut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI).

Pada kesempatan ini Rektor juga menyampaikan pemeringkatan Green Matric 2015. Pada pemeringkatan ini, Tel-U berada di posisi ke-10 di Indonesia dan ke-212 dunia. Sedangkan pada survey yang dilakukan Majalah TEMPO, Tel-U dinyatakan sebagai PTS terbaik kedua setelah Universitas Trisakti. Lalu dalam publikasi Scopus periode Januari 2016, Tel-U berada pada peringkat ke-19 di Indonesia.

“Ranking tetap harus kita perhatikan karena itu merupakan salah satu bagian dari kepercayaan masyarakat terhadap institusi kita dan saya yakin kita bisa meningkatkan terus prestasi ini mengingat usia kita baru menginjak dua setengah tahun,” katanya. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply