07 Jan 2016

Rektor Ajak Para Dosen Tingkatkan Kualitas Sumber Daya

BANDUNG, TEL-U – Rektor Telkom University (Tel-U) Prof Ir Mochamad Ashari M Eng, PhD mengajak seluruh dosen untuk turut serta meningkatkan kualias sumber daya (resources). Hal ini disampaikan oleh Rektor saat membuka Rapat Koordinasi Pengampuan Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016 yang dihadiri oleh ratusan dosen dari tujuh fakultas, di Aula Fakultas Ilmu Terapan, Kamis (7/1).

Menurut Rektor, memasuki tahun 2016, Tel-U harus siap menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sudah dimulai per 1 Januari lalu. Karena itu kualitas sivitas akademika terutama dosen dan mahasiswanya harus siap bersaing dengan sumber daya dari negara lain. Apalagi seiring dengan itu, sesuai dengan rencana strategis (renstra) Tel-U, tahun 2016 merupakan tahap memperbaiki sumber daya akademik

“Pada 2016 ini program kita adalah memperbaiki Sumber Daya baik manusia maupun aset. Misalnya kalau ingin jadi berkelas internasional, tapi bahasa Inggris masih belum optimal, berarti harus dipompa lagi. Mahasiswa juga butuh sertifikasi selain dosen yang terus meningkatkan kualitasnya,” ujar Rektor.

Pada tahun 2015 lalu, lanjut Rektor, kualitas mahasiswa meningkat. Hal ini antara lain terlihat dari jumlah alumni yang diserap oleh industri. Tahun 2015, sekitar 32 persen lulusan diserap oleh Telkom Group, 11 persen oleh industri finance, dan sisanya terbagi ke berbagai macam industri.

“Tahun lalu Huawei menerima 230 karyawan baru dan sekitar 25 persen atau 59 orang merupakan lulusan Telkom University. Di ZTE ada 35 orang yang diterima, dan di Telkomsel saat ini 30 persen karyawan hingga pimpinannya merupakan lulusan kampus kita,” ujarnya.

Selain kualias mahasiswa, Tel-U juga terus meningkatkan kualitas dosen. Sekarang ini sudah ada ada 78 orang dosen yang telah meraih gelar doktor. Selain itu 28 persen dari 700 orang dosen atau sekitar 190 orang, sedang menempuh studi S3 baik di dalam maupun di luar negeri. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply