09 Jun 2015

Saat Mahasiswa Afganistan dan Venezuela Ikut Pameran

“On-Material(ity)”: Ajang Pamer Karya Mahasiswa Afganistan dan Venezuela

BANDUNG, TEL-U – Sejumlah mahasiswa asing asal Afghanistan dan Venezuela turut memamerkan karya mereka dalam pameran bertajuk “On-Material(ity)”. Mereka adalah mahasiswa yang tergabung dalam program Darmasiswa selama 1 tahun di Program Studi Kriya Tekstil & Mode (KTM) Fakultas Industri Kreatif Telkom University (FIK Tel-U).

“Karya yang dipamerkan mampu mengeksplorasi potensi sumber daya lokal Indonesia untuk diangkat menjadi sebuah karya tekstil dan desain yang luar biasa, ujar Dekan FIK, Dr. Ir. Agus Achmad Suhendra, MT saat membuka pameran ini.

Menurut Agus, pameran ini juga bisa mendorong dosen dan mahasiswa FIK untuk selanjutnya berkiprah di tingkat internasional sesuai visi Tel-U sebagai perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University) dan visi Indonesia 2020. “Jika kita berbicara pada tataran internasional, apalagi kalo tadi dikaitkan dengan visi Indonesia 2020 ingin menjadi salah satu kota mode dunia, maka membangun suatu ciri khas adalah suatu keharusan. Dan itu sudah dilakukan oleh kawan-kawan dosen kita di KTM,” ujarnya.

Menurut Ketua Program Studi Kriya Tekstil dan Mode, Arini Arumsari, S.Ds., M.Ds, karya ini merupakan tugas mahasiswa semester kedua yang sengaja dipamerkan untuk mendapat apresiasi masyarakat secara luas. “Pada semester pertama karya mereka sudah dipamerkan di kampus. Semester kedua ini sayang kalau cuma dikampus lagi,” ujarnya.

Karena itulah, kata Arini, pihaknya memilih Galeri Hidayat, Jalan Sulanjana No. 36 Bandung sebagai tempat berpameran selama dua hari, Jumat-Sabtu (5-6/6). Karya mahasiswa asing itu berada di antara tiga puluh karya yang dipamerkan, berpadu dengan karya para seniman Bandung yang terpilih. (purel/izal)

Previous Article Next Article

Leave a Reply