12 Dec 2013

SENADA-IF 2013 Ulas Solusi Akibat Besarnya Jumlah Data Digital

BANDUNG TEL-U- Perkembangan pesat teknologi menjadikan semakin banyaknya data yang tersimpan secara digital.  Data-data itu beragam seperti data demografi, pemasaran, data finansial, hingga data kesehatan. Banyaknya data yang ada tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi strategis dan juga pengetahuan yang bernilai guna bagi pemiliknya. Akan tetapi dengan terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah, menganalisis dan mengekstraksi informasi dan pengetahuan tersebut maka diperlukanlah metoda dan teknologi yang mampu memberikan solusi dengan waktu singkat dan akurat. Disinilah peran Data Mining dan Analisis Big Data dapat dimanfaatkan.

Seminar Nasional Data Engineering Informatika (SENADA-IF) adalah seminar berskala nasional pada bidang riset data engineering yang diselenggarakan oleh Departemen informatika pada Fak. Teknik Tel-U. Seminar ini bertujuan untuk menggalakkan riset mahasiswa/dosen program studi computing/informatika di bidang data engineering.

 perkembangan pesat teknologi menjadikan semakin banyaknya data yang tersimpan secara digital dengan jenis yang beragam seperti data demografi, pemasaran, data finansial, hingga data kesehatan. Banyaknya data yang ada tersebut tentunya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi strategis dan juga pengetahuan yang bernilai guna bagi pemiliknya. Akan tetapi dengan terbatasnya kemampuan manusia untuk mengolah, menganalisis dan mengekstraksi informasi dan pengetahuan tersebut maka diperlukanlah metoda dan teknologi yang mampu memberikan solusi dengan waktu singkat dan akurat. Disinilah peran Data Mining dan Analisis Big Data dapat dimanfaatkan.

Pada pelaksanaan perdananya, SENADA-IF 2013 mengulas tentang tren data engineering di Indonesia dan dunia serta bagaimana implementasi dan peluang pengembangannya sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam bidang data mining dan analisis big data. Untuk mengulas topik ini secara menyeluruh, SENADA-IF 2013 menghadirkan pakar data mining dan big data baik dari dunia akademis maupun praktisi industri.

Acara SENADA-IF 2013 dibuka dengan Plenary Session yang akan dibawakan oleh Prof Ir . Budi Santoso , MS. , PhD (Profesor dalam Optimasi dan Data Mining, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan Umar Fudin , ST (Kepala Departemen Analisis Prediktif, Telkomsel) Kemudian, setelah jumatan, acara dilanjutkan dengan dua sesi demo yaitu Ibu Prety Widjaja  (Business Analytics Specialty Architect, IBM Software Group) dan Alfian Akbar Gozali , ST (Akademisi dan Praktisi Big Machine Learning). KOMPRO TEL-U/TES

Previous Article Next Article

Leave a Reply