18 Nov 2014

Seribu Pohon untuk Tel-U

BANDUNG, TEL – U – Warga akademik Telkom University (Tel-U) terus mengembangkan upaya agar tercipta lingkungan kampus yang hijau dan nyaman sesuai konsep green campus yang sudah direncanakan. Sejumlah cara dilakukan misalnya melarang mahasiswa baru membawa kendaraan bermotor.

Hanya itu? Tentu tidak. Langkah lainnya berupa penghijauan kampus dengan program penanaman pohon seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FB). Melalui Program Go Green Partnership 2, mahasiswa dari dua fakultas ini menanam 1.000 pohon, Sabtu (14/11) lalu.

Seperti dirasakan oleh warga kampus Tel-U, kawasan seluas kurang lebih 48 hektare ini baru sebagiannya saja yang sudah ditumbuhi pepohonan rindang. Sedangkan wilayah lain, terutama kawasan Utara seperti FEB dan FKB, masih terasa gersang karena belum dinaungi rimbunnya pepohonan.

Menurut Wakil Dekan FKB Ir. Syarifuddin, MM, harus ada tindakan nyata dari gagasan untuk membuat lingkungan Tel-U ini lebih nyaman dan hijau. Penanaman pohon di kawasan ini, tentu menjadi salah satu jawabannya.

“Program Go Green Partnership 2 ini dilakukan untuk mendukung konsep green campus yang sedang kita upayakan,” kata Syarifuddin. Untuk lebih memudahkan pelaksanaannya, pihak dekanat bekerjasama dengan BEM FEB.

Seribu bibit pohon itu ditanam oleh para peserta dan relawan di sekitar taman lapangan bendera parkiran mobil FKB dan di sepanjang jalan masuk mobil motor dari pos satpam pintu masuk kampus FEB dan FKB.

Menteri Pengabdian Masyarakat BEM FEB Vini, berharap mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini akan lebih memperhatikan penghijauan kampus mereka. “Ayo kita mulai menghijaukan kampus kita,” katanya.

Melalui program ini, tambah Vini, diharapkan ada perubahan perilaku para warga akademik sehingga bisa lebih perduli terhadap kelestarian lingkungan kampus. “Maka akan tercipta kampus yang sehat, bersih dan asri,” katanya. (purel/azzah)

Previous Article Next Article

Leave a Reply