10 Feb 2017

Sertifikat Guru BIPA Digelar di Telkom University

BANDUNG, Telkom University – Pusat Bahasa Telkom University bersama APBIPA Bali mengadakan kegiatan program sertifikat guru BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang dilaksanakan selama 3 hari, 8-10 Februari 2017 di Auditorium Gedung Tokong Nanas Telkom University.

Program sertifikat guru BIPA level 2 yang sebelumnya diadakan pada 2015 lalu ini bertujuan untuk memfasilitasi para penggiat dan praktisi BIPA untuk berbagi ilmu guna meningkatkan kemampuan pengajaran Bipa terutama dalam hal menyusun silabus dan pengembangan materi ajar.

Pada BIPA level 2 ini akan ada materi analisis kritis terhadap berbagai jenis silabus dan bahan ajar BIPA sesuai dengan prinsip mutahir, dan proses mengembangkan, merevisi, menyesuaikan dan menyusun draf silabus dari bahan ajar yang hendak dikembangkan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Bipa.

Wakil rektor bidang Admisi dan Kerjasama Internasional AMA Suyanto selaku pembicara pada BIPA level 2 ini menjelaskan, bahwa program pusat bahasa Telkom University dalam pengembangan BIPA adalah Internalisasi di mana proses ini harus bermanfaat untuk mahasiswa.

“Saat ini program kita adalah selain internalisasi di mana mahasiswa Asing yang memperlajarai bahasa Indonesia harus bermanfaat di Negara tempat asal mereka dan bisa ditularkan kebaikan yang ada disini” ucap Suyanto.

Selain program Internalisasi Ama menambahkan konsep BIPA di Telkom University adalah konsep BIPA yang ramah pemula di mana akan ada permainan dan aktifitas luar ruang yang memudahkan proses pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa Asing.

“Di sini kami akan berikan mahasiswa Asing pembelajaran keluar ruang dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat agar para mahasiwa asing mampu mempelajari secara langsung dilapangan tidak hanya didalam kelas” katanya.

Saat ini Telkom University sedang menjalankan Global Academic Program di mana Dosen di Telkom University harus mengajar di luar Indonesia, dan mengajarkan bahasa Indonesia kepada mahasiswa di Negara tersebut.

“Kami akan kerahkan dosen-dosen di sini untuk mampu mengajar di luar Indonesia, dan begitu sebaliknya akan tenaga pengajar di universitas luar Indonesia akan kita undang untuk mengajar disini” imbuhnya.

Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari mengatakan bahwa jumlah kelas kursus BIPA di Telkom University akan terus bertambah, hal ini sejalan dengan peningkatan jumlah mahasiswa Asing di Telkom University. Ashari berharap dari acara ini dapat bermanfaat dan membantu rekan-rekan peserta BIPA untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajar bahasa Indonesia.

“Semoga dari acara ini kita dapat memperluas persahabatan dan relasi sesama penggiat dan praktisi BIPA” katanya.

Adrian Wiranata

Previous Article Next Article

Leave a Reply