02 Feb 2015

Siap Bela Negara, Tiga Mahasiswa Tel-U Ikuti Pendidikan Menwa

BANDUNG, TEL-U – Demi memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mahasiswa Indonesia dilibatkan menjadi stabilisator dan dinamisator di lingkungan kampusnya sebagai Resimen Mahasiswa (Menwa). Untuk itulah Komando Menwa Mahawarman Jawa Barat menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar Menwa yang diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi se-Jawa Barat. Pelatihan berlangsung di Dodik Secata Rindam III/Siliwangi.

Manager Kemahasiswaan Telkom University (Tel-U), Drs. Lilik Leksono menyampaikan, ada tiga mahasiswa Tel-U yang ikut pelatihan tersebut. Di antaranya mahasiswa S1 Teknik Informatika Agung Rahmansyah, mahasiswi S1 Seni Murni Susi Sukamti dan mahasiswa D3 Manajemen Informatika Sham Akbar Octafian.

“Pelatihan ini banyak manfaatnya bagi mahasiswa. Khususnya dalam hal menanamkan melatih fisik, mental, kedisiplinan, nilai-nilai kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara. Diharapkan dari tiga orang ini nantinya menjadi perintis menwa di Telkom University,” kata Lilik, Senin (2/2).

Pendidikan berlangsung selama dua minggu sejak 17 Januari hingga 1 Februari 2015. Mahasiswa memperoleh wawasan tentang kebangsaan dan kejiwaan Menwa. Sebagai pembekalan latihan kedisiplinan, mahasiswa memperoleh wawasan tentang peraturan-peraturan dasar kemiliteran.

Untuk melatih fisik dan mental, mahasiswa peserta pelatihan mendapatkan wawasan dan keterampilan lapangan. Seperti pengetahuan navigasi darat, survival, kesehatan lapangan, sandi dan jejak, teknik dan taktik tempur. Mahasiswa juga diberi wawasan pengetahuan dasar organisasi serta peraturan yang berlaku di dalamnya. Tak ketinggalan, mahasiswa juga dilatih wawasan kepemimpinan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply