21 Dec 2015

Sinergikan Kebutuhan Industri, Dosen FKB Company Visit ke Citilink

JAKARTA, TEL-U—Asean Economy Community (AEC) atau lebih akrab dengan istilah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah bergulir lama, dan akan memulai debutnya di penghujung tahun 2015. MEA merupakan basis pemersatu negara-negara Asean untuk berkompetisi secara terbuka, melalui penguatan ekonomi dan pasar bebas.

Untuk berkontribusi dalam penguatan SDM, sekaligus mentransformasikan Ilmu Pengetahuan dan praktik. Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (FKB Tel-U) melakukan kunjungan industri (company visit) ke perusahaan maskapai penerbangan nasional Citilink, anak perusahaan yang juga bergerak di bidang transportasi udara, Garuda Indonesia, Kamis (10/12).

Kunjungan yang berlangsung sekitar lima jam itu dipimpin oleh Wakil Dekan I FKB Ade Irma Susanty, Ph.D. Rombongan diterima dengan hangat oleh Vice President Corporate Communication Citilink Beni Butarbutar, Direktur Keuangan (CFO) Citilink Mega Satria serta didampingi FA Management Citilink, Nila. Pertemuan dilakukan di Menara Citicon lantai 14, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Wakil Dekan Ade Irma Susanty menyatakan antusiasmenya dalam melakukan kunjungan industri sebagai bentuk sinergi Tel-U dengan dunia kerja yang semakin kompetitif. “Salah satu bentuk kontribusi akademik yang dapat kami lakukan untuk industri, adalah dengan company visit karena dengan begitu kami dapat menyediakan SDM yang kontributif dan sesuai dengan kebutuhan industri yang terus bergerak dinamis,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih sekaligus harapan, untuk dapat membangun kerjasama antara FKB dengan Citilink di bidang penelitian, magang untuk mahasiswa dan kebutuhan kerja bagi sarjana lulusan FKB. Kerja sama riset Universitas dan Industri ini dapat terdiri dari beberapa bentuk, antara lain peningkatan keterampilan SDM dengan mengikuti kegiatan riset di Universitas atau sebaliknya, penyediaan konsultasi iptek, atau pengembangan jaringan formal dan informal.

Lebih lanjut, kunjungan industri ke Citilink berupaya untuk menyinergikan kerja sama Universitas-Industri, sehingga stigma menara gading tidak lagi melekat di dunia akademik. Untuk itu FKB melaksanakan kunjungan industri secara rutin dengan perusahaan beragam, salah satu tujuan pentingnya adalah meningkatkan kontribusi Universitas pada knowledge corporate communication and economy untuk dapat diimplementasikan.

Direktur Keuangan (CFO) Citilink Mega Satria dalam kesempatan ini memaparkan tentang manajemen pengelolaan maskapai penerbangan yang sedang tumbuh. Paparan melingkupi tantangan yang sangat kompetitif di dunia industri. Lalu dilanjutkan sharing session dari Beni Butarbutar terkait pengalamannya memimpin Corporate Communication Citlink. Sebelum kembali ke Bandung, rombongan berkesempatan berkeliling kantor Citilink untuk melihat suasana kerja.(purel/fkb/dks)

Previous Article Next Article

Leave a Reply