26 Apr 2017

Sosialisasi Program UMKM Online oleh Dinas Koperasi Provinsi Jawa Barat

Bandung, Telkom University – UMKM memiliki peran dan kontribusi yang cukup besar dalam menggerakan perekonomian di Indonesia, sehingga dukungan terhadap para pelaku UMKM harus terus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Telkom University yang mengadakan sharing session yang memaparkan kendala dan tantangan UMKM dari perwakilan Dinas UMKM, Perindag, dan Pembina UMKM” pada Rabu, (26/4) di Ruang Rapat Dekan Fakultas dan Bisnis, Telkom University.

Seperti yang diungkapkan oleh Pendamping Widyaiswara UMKM, Achmad Rosyad Mansoer Sp., MM. bahwa permasalahan UMKM umumnya ada pada permodalan, prasarana, rendahnya kualitas produk dan produktivitas. “Padahal UMKM itu memiliki peran dan kontribusi besar. Mari kita bekerjasama dan bersinergi dalam membantu perkembangan UMKM.” katanya.

Pendamping Widyaiswara UMKM, Achmad Rosyad Mansoer Sp., MM.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Dr. Dudi Sudrajat Abdurachim, MT., – “Untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut, pada Maret lalu kami telah meng-online kan hingga 100.000 UMKM di Jawa Barat dan akan terus bertambah. Pemanfaatan media online bisa dijadikan peluang pemasaran oleh UMKM. Perlu di ingat bahwa para pengusaha agar meningkatkan kualitas produk agar kompetitif” ungkapnya.

Media online saat ini memang mampu memberikan dampak yang cukup besar khususnya untuk memasarkan sebuah produk. Namun perlu dibarengi dengan ilmu yang cukup dalam mengatur dan memelihara platform online yang digunakan. Sehingga pengetahuan yang berkaitan dengan Internet Marketing perlu disosialisasikan kepada para pelaku UMKM.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dekan FKB, Dr. Jafar Sembiring “Kebanyakan pelaku UMKM itu setelah membuat media online lalu ditinggalkan, kita disini berperan untuk membantu mereka memahami internet marketing. Sehingga media online bisa termanfaatkan dengan baik”.

Previous Article Next Article

Leave a Reply