04 Apr 2017

Stephen Benton: Psikologi Bisnis Dalam Meningkatkan Performa Tim

Bandung, Telkom University – Sebagai perguruan tinggi yang memiliki fakultas bisnis di dalamnya, Telkom University rutin menyelenggarakan kuliah umum bertema bisnis seperti yang berlangsung pada Selasa (4/4) dengan menghadirkan pembicara yaitu Prof. Stephen Benton B.Sc. Ph.D. M.I.O.A. C.Sci. C.Psychol (Director Business Psychology Centre University of Westminster London, UK).

Kuliah umum yang dilaksanakan di lantai 8 Gd. Tokong Nanas (Auditorium) Telkom University ini memiliki tema Volatility, Power and Conflict : Use Business Psychology as an Approach. Kuliah umun ini dihadiri setidaknya 30 peserta yang merupakan mahasiswa S2, mahasiswa S1 internasional dan civitas akademika lainnya.

Psikologi bisnis, menurutnya adalah untuk mengetahui mengapa sebuah tim dalam perusahaan bisa gagal atau tidak optimal. Stephen menegaskan bahwa hal tersebut terjadi karena individu dalam tim tersebut tidak kompeten. Satu individu tidak bisa bekerjasama dengan individu lain di dalam tim dan menghadapi kompleksitas permasalahan yang ada.
Menurut stephen perusahaan perlu menerapkan metode yang tepat dalam pengelolaannya. Seperti fokus pada performa bagi sebuah tim di dalam perusahaan, bukan individu.

“Menurut saya, investasi pada performa sebuah tim dalam perusaahan merupakan kunci agar sebuah bisnis / perusahaan bisa sukses. Sebagus apapun CEO yang dimiliki tanpa performa tim yang baik, perusahaan akan tetap kesulitan.”

Stephen mengungkapkan bahwa terdapat tiga tahapan yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan dalam meningkat performa dari sebuah tim. Pertama ialah kemampuan untuk diagnosa permasalahan, lalu merencanakan strategi yang akan dilakukan, dan perlu memiliki kompetensi untuk melakukan aksi berdasarkan strategi yang telah ditentutkan.

Previous Article Next Article

Leave a Reply