15 Apr 2015

Student Mobility Program Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa

BANDUNG, TEL – U – Banyak cara yang ditempuh oleh Telkom University untuk menjadi World Class University. Salah satunya adalah dengan adanya Student Mobility Program yang dibuat oleh jurusan Ilmu Komunikasi FKB Tel-U. “Student Mobility Program adalah sebuah program penyampaian materi mata kuliah dalam bahasa inggris,”, ujar Koordinator Student Mobility Program, Indra N.A. Pamungkas, SS., MSi.

Indra memaparkan hal ini dala acara Sosialisasi Konsentrasi Jurusan Ilmu Komunikasi bagi mahasiswa angkatan 2014. Acara ini diselenggarakan di Aula Gedung Kawalusu, Rabu (1/4).

Student Mobility Program sendiri baru berjalan pada tahun 2013 lalu. Saat ini beberapa mahasiswa dari angkatan 2012 dan 2013 sudah ada yang mengikuti program ini. Menurut Indra, hal ini juga perlu disampaikan kepada mahasiswa angkatan 2014 karena pada semester tiga nanti mereka sudah dapat mengambil program ini setelah mendapatkan konsentrasi yang dipilihnya.

Berbeda dengan International Class, yang memang hampir semua mata kuliah disampaikan dalam bahasa inggris. Program ini hanya mengambil beberapa mata kuliah setiap semesternya untuk disampaikan dalam bahasa inggris. Baik itu dari kegiatan operasional seperti proses belajar mengajar, pemberian tugas, dan juga saat ujian.

“Program ini merupakan tahap awal untuk bisa memiliki International Class bagi jurusan Ilmu Komunikasi Tel-U”, ujarnya. Harapan Indra program ini bisa berkembang menjadi International Class apabila mahasiswa bisa mendapatkan manfaat yang baik dari program ini serta ketersediaan sumberdaya pengajar yang ada.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapat oleh mahasiswa yang mengikuti Student Mobility Program ini. Diantaranya adalah mahasiswa bisa meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa inggris mereka. Sehingga mahasiswa tersebut dapat lebih mudah beradaptasi dengan dunia internasional. Apalagi ketika mahasiswa tersebut lulus, mereka juga sudah berhadapan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mengharuskan dunia kerja mampu berkomunikasi seacra baik dengan dunia internasional.

Untuk mengikuti program ini ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi. Yang pertama adalah mahasiswa harus mempunyai nilai TOEFL lebih dari 400. Kedua mahasiswa dapat melihat pengumuman berkaitan dengan dibukanya Student Mobility Program. Kemudian mereka akan mengikuti audisi yang dilakukan oleh tim dosen. Tahap selanjutnya adalah melihat hasil pengumuman dari audisi tersebut. Jika diterima, saat her-regristasi mahasiswa sudah dapat menginput mata kuliah yang sesuai dengan program ini. (Purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply