10 May 2017

Talkshow Klite Tentang KRI 2017

Pada talkshow tanggal 10 Mei 2017 narasumber yang hadir adalah Dr. Palti Sitorus, beliau merupakan direktur penelitian dan pengabdian masyarakat Telkom University, dan pada kesempatan kali ini, Dr. Palti akan menjelaskan tentang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 regional II, dimana pada ajang kontes robot terbesar di Indonesia itu Telkom University akan menjadi tuan rumah untuk regional II.

Dr. Palti yang juga sekaligus sebagai ketua panitia pada pelaksanaan even ini mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi kami (Telkom University) bisa menjadi tuan rumah pada perhelatan robot terbesar di Indonesia.

KRI regional 2 yang meliputi wilayah Jawa bagian barat, Kalimantan (sebagian) dan Sulawesi akan berlangsung pada 18 – 20 Mei 2017, dimana sampai saat ini sudah ada sekitar 37 peserta yang mendaftar.

Dengan 5 kategori yang dilombakan yakni :

KRAI (Kontes Robot Abu Indonesia) dengan tema “Lempar Cakram”, selaras dengan tema ABU Robocon 2017, yaitu “The Landing Disc”. Pada kontes ini robot melempar cakram (disc) menuju tempat pendaratan (spot). Pada arena terdapat 7 spot dengan berbagai ketinggian dan luas. Pemenangnya adalah tim yang dapat mencapai “APPARE!”

KRPAI (Kontes Robot Berkaki Pemadam Api Indonesia) Tema KRPAI 2017 adalah “Robot Cerdas Berkaki Pemadam Api”. Sebuah robot yang menggunakan penggerak kaki secara mandiri bergerak di lapangan yang mensimulasikan rumah untuk menemukan dan memadamkan api lilin. Pada KRPAI 2017, level yang digunakan hanya Level 2, dan seluruh bonus yang ada wajib diambil (Sound Activation, Furniture, Return Trip, Arbitrary Start, Non-Air Extinguisher, Candle Location).

KRSBI-RODA (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda) Robot akan bermain di lapangan pertandingan berukuran 4,8 x 7,2 m. Bola menggunakan bola futsal yang diberi warna orange (Ukuran No.4, ukuran lingkar 62-64 cm, berat 390-430 gram). Sensor yang digunakan harus berada pada robot. Tidak ada sensor yang diletakkan di luar robot (tidak ada kamera di atas lapangan).

KRSBI-HUM (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid)

Dan KRSTI (Kontes Robot Seni Tari Indonesia) Robot menari dengan diiringi bunyi-bunyian pengiring tari. Robot menggerakkan tubuhnya sesuai dengan irama, dengan memperlihatkan gerakan-gerakan wajib sesuai dengan tema KRSTI 2017, yaitu “Robot Penari Gending Sriwijaya“.

Diharapkan dari event ini teman-teman mahasiswa dan seluruh masyarakat Indonesia mengetahu benar bagaimana robot berfungsi dan akan ada banyak jenis robot sesuai dengan kategori lomba.

Previous Article Next Article

Leave a Reply