16 Sep 2014

Tanggap Darurat Sebelum Terlambat

BANDUNG, TEL – U – Pertolongan pertama dibutuhkan bagi seseorang yang mengalami kecelakaan. Berbeda jenis kecelakaan yang dialami, berbeda pula penanganannya. Karena itu perlu dipahami seperti apa penanganan yang tepat untuk setiap kecelakaan yang terjadi.

Terkait hal ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung bekerja sama dengan Career Development Center (CDC) Telkom Unviersity menggelar pembekalan Pertolongan Pertama dengan target Senior Residence Asrama. Acara ini berlangsung pada Sabtu (13/09) lalu, di Gedung K Telkom University.

Menurut Staf Pelayanan UDD PMI Kab. Bandung, Supriyatna, PMI Bandung sering mengadakan pembekalan Pertolongan Pertama ini kepada instansi dan lembaga yang memerlukan. “Kami sering memberikan pembekalan pertolongan pertama ini. Karena ini merupakan hal dasar yang perlu diketahui berbagai lapisan masyarakat, khususnya di Kota Bandung,” katanya.

Supriyatna menambahkan bahwa materi pembekalan disesuaikan dengan permintaan instansi dan lembaga yang mengundang PMI. Biasanya, PMI membekali peserta dengan teori yang dipadu dengan praktik. “Hal ini berguna untuk memberikan pengetahuan tentang cara penanganan pertama pada korban kecelakaan,” ujarnya.

Pada acara itu, tidak kurang dari 100 mahasiswa Telkom Unviersity yang menjadi Senior Residence Asrama dan beberapa perwakilan mahasiswa yang tinggal di Asrama mengikuti pembekalan dari PMI ini. Mereka antusias terhadap paparan materi yang disampaikan oleh Staf Penanggulangan Bencana PMI Kota Bandung, Nana Setiawandi. Setelah paparan teori dan pengenalan jenis kecelakaan, para peserta diajak praktik untuk menangani korban kecelakaan. (Purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply