04 May 2016

Tanri Abeng: Pemimpin Harus Punya Visi

BANDUNG, TEL-U –Komisaris Utama PT Pertamina Dr Tanri Abeng, MBA mengatakan setiap pemimpin harus memiliki visi yang jelas sehingga anggota organisasi dapat berjalan menuju satu tujuan. “If you do not know where you are going, every road will get you nowhere,” katanya.

Hal ini disampaikan Tanri saat menjadi pembicara dalam acara Leader’s Talk ke-5 yang diselenggarakan oleh International Class Academic Office (ICAO) Tel-U di Auditorium Hall, Gedung Tokong Nanas, Rabu (27/4). Tema yang dipilih dalam forum bulanan ini adalah “Managing Collaboration Across Different Organizational Functions”.

Pria kelahiran Selayar, Sulawesi Selatan ini mengatakan, ketika seorang pemimpin akan mengimplementasikan visinya, maka harus memiliki lima poin yang disebut 5S yaitu Strategy, Structure, System, Skill, dan Speed.

“Dalam mencapai suatu visi pemimpin harus memiliki strategi yang jelas untuk mencapainya dengan mengatur struktur dalam organisasi dengan fungsi yang berbeda serta berpedoman pada aturan yang ada. Hal ini akan berjalan dengan baik jika didukung dengan tenaga kerja yang profesional dan tim yang bekerja secara cepat,” katanya.

Pria yang pernah dijuluki “Manajer 1 Miliar” ini juga menyebutkan, hal yang paling terpenting dalam sebuah kerja tim adalah komunikasi yang efektif. “Sebagai seorang pemimpin yang memiliki visi harus mampu menciptakan, memahami dan menerima dengan berpedoman pada 5C yaitu Communication, Coordination, Cooperation, Collaboration, dan Commitment,” ujarnya.

Moderator yang sekaligus Ketua Panitia Leader’s Talk 5, Eka Yuliana, ST, MSM mengatakan Leader’s Talk merupakan acara bulanan yang senantiasa menghadirkan para pembicara dari pimpinan atau tokoh sukeses. “Harapannya, kita bisa konsisten terus mengadakan Leader’s Talk dengan menghadirkan pembicara-pembicara berprestasi yang dapat memberikan inspirasi pada audiens khususnya Telkom University,” katanya. (purel/wid)

Previous Article Next Article

Leave a Reply