07 Sep 2016

Tel-U Bisa Menjadi Penggerak Ekosistem Industri Digital Indonesia

BANDUNG, TEL-U – Ketua Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Ir Kristiono berharap Telkom University (Tel-U) dapat mengambil peran sebagai penggerak akselerasi ekosistem industri digital di Indonesia. “Peran serta dunia akademik untuk pendidikan SDM bidang ICT dan riset terkait inovasi dan pengembangan teknologi digital sangat penting, dan saya kira harap Telkom University dapat mengambil peran dalam hal ini,” ujarnya.

Ini disampaikan Kristiono saat menjadi pembicara pada acara Refleksi 3 Tahun Telkom University yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Terapan (FIT), Rabu (7/9). Acara ini merupakan wadah silaturahim antara Tel-U dengan sejumlah pemangku kepentingan (stake holder) sekaligus momen untuk mengevaluasi diri dan meminta masukan terutama pemangku kebijakan eksternal.

Krsitiono menambahkan industri bergerak sangat cepat oleh karenanya elemen yang ada di dalamnya harus bergerak dengan cepat agar tidak semakin tertinggal. “Telkom University dapat mengambil peran dengan memberikan talent, update teknologi yang ada, dan riset,” ujarnya.

Sejak diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Pada 31 Agustus 2013, Telkom University (Tel-U) atau Universitas Telkom telah melewati tiga tahun yang sangat dinamis. Dengan memiliki visi perguruan tinggi berkelas dunia yang turut berperan aktif mengembangkan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi (ICT), tidak berlebihan jika Tel-U siap untuk mengambil peran sebagai penggerak.

“Usia Tel-U memang baru tiga tahun, namun periode ini sangat penting karena merupakan fase ketika kita harus meletakkan nilai-nilai fundamental yang akan menentukan kokoh tidaknya institusi ini,” ujar Rektor Tel-U Prof Ir Mochamad Ashari M Eng, PhD.

Selain Kristiono, hadir dalam acara ini pembicara lain yakni Director of  Entrepreneurship Center (EPIC) Universiti Sains Malaysia (USM), Prof Dr Mahmod Sabri Haron serta Senior Executive Vice President (SEVP) Chief Technology Officer Bank Mandiri, Joseph Georgino Godong.

Acara yang diselenggarakan oleh Koordinator Manajemen Transformasi (KMT) ini mendapat sambutan yang baik dari undangan. Seluruh pimpinan baik dari Telkom Foundation, rektorat, dekanat, hingga program studi dan sejumlah perwakilan mahasiswa turut hadir dan menyimak paparan dari para pembicara. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply