13 May 2014

Tel-U Goes to Google

JAKARTA, TEL-U – Untuk memberikan wawasan tentang dunia industri dan persaingan global teknologi informasi sekaligus meningkatkan motivasi, sejumlah mahasiswa Telkom University yang berasal dari berbagai fakultas melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan IT terbesar dengan brand yang sudah mendunia di dunia maya saat ini, Google. Kunjungan ini dilakukan pada Sabtu (3/5) lalu.

Google merupakan salah satu perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi yang memiliki penetrasi bisnis luar biasa. Inovasi – inovasi teknologi yang diciptakan Google memberikan andil pada kemajuan ICT saat ini.

Di Indonesia, kantor Google Indonesia sudah berdiri sejak 6 bulan lalu. Berbeda dengan Kontor Google pusat yang berada di Maountain View, Amerika Serikat, di Indonesia saat ini hanya ada 2 divisi yang bergerak yaitu Digital Marketing dan Hukum.

Kunjungan yang mengangkat tema “Industrial Visit Goes to Google Indonesia” ini diharapkan menciptakan kemauan mahasiswa yang luar biasa, yang nantinya mendorong terciptanya inovasi – inovasi yang memiliki standar serta daya saing bertaraf global. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan akan terlahir prestasi – prestasi gemilang mahasiswa Telkom University di kancah nasional maupun internasional. Kunjungan industri ke Google juga memberikan kiat – kiat yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam menghadapi persaingan global di industri teknologi informasi.

“Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan tentang dunia industri, selain itu juga diharapkan akan memberikan wawasan tentang persaingan global teknologi informasi dan meningkatkan motivasi mahasiswa Telkom University dalam mengasah soft skill di bidang IT”, kata ketua pelaksana, Muhammad Mufid Luthfi.

Acara berawal dengan kata sambutan dari ketua pelaksana dan penjelasan tentang Google Student Ambassador (GSA) oleh Muhammad Taufik Ismail yang merupakan salah satu Google Student Ambassador Telkom University yang menjabat saat ini. Taufik menyampaikan tentang program dan pengalamannya mengenai GSA.

Kedatangan mahasiswa Telkom University disambut oleh salah satu Googleer (sebutan bagi karyawan Google) yang saat itu juga memberikan materi di acara kunjungan industri kali ini. Eunike Kartini yang dipanggil akrab dengan Mbak Keke yang menjabat sebagai Country Manager of Google Plus Community ini menyampaikan materi tentang bagaimana Life in Google. Selain itu, dia berbagi pengalaman saat melamar pekerjaan di Google Indonesia.

Setelah sesi diskusi berakhir, acara dilanjutkan dengan penelusuran kantor Google Indonesia. Mbak Keke mengajak mahasiswa Telkom University keliling kantor Google Indonesia yang mengacung konsep modern dengan perpaduan budaya Indonesia. Tampak perpaduan tersebut memberikan keunikan yang membuat kantor Google Indonesia tidak seperti kantor pada umumnya. Design interiornya terkesan unik. Sebut saja becak bergantung, tempat tidur para karyawan, ruang santai hingga kantin yang berada di dalam kantor yang membuat para karyawannya betah bekerja di kantor.

Yang paling spesial dari kegiatan ini, mahasiswa Telkom University diberi kepercayaan untuk tampil pada sesi Hang Out di acara Coca Cola Internasional. mereka diwawancarai secara online seputar pelaksanaan Piala Dunia yang akan berlangsung pada tahun 2014 ini. Sesi ini disiarkan langsung di dunia dimana nantinya akan diupload ke Channel Youtube Coca Cola.

Meskipun hanya beberapa jam berada di kantor Google Indonesia, tentunya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para peserta. “Acara kunjungan ke Google ini seru, Saya jadi tahu tenyata bekerja di Google itu sangat asyik. Kita bebas berkreasi di kantor ini”, kata salah satu peserta.

Semoga aktivitas ini menjadi awal dimana mahasiswa Telkom University tahu bagaimana iklim kerja secara nyata, dan diharapkan kegiatan positif ini akan terus berlangsung guna meningkatkan motivasi mahasiswa Telkom University untuk lebih berprestasi lagi. (KomPro/raf/edited from Baguz)

Previous Article Next Article

Leave a Reply