18 May 2016

Tel-U Perkenalkan Keragaman Budaya di Pulau Jawa Lewat KPI

BANDUNG, TEL-U – Program Studi D3 Perhotelan Fakultas Ilmu Terapan Telkom University (FIT Tel-U) bekerjasama dengan program Studi Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Bandung (UPW-Polban), serta Prodi Manajemen Pemasaran dan Pariwisata MPP-UPI, dan prodi Perhotelan Universitas Tujuh Belas Agustus, Cirebon menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) yang berlangsung di FIT Tel-U dan Polban mulai tanggal 12-13 Mei 2016.

Kompetisi bertaraf nasional ini sudah berjalan selama enam kali sejak 2009 di Polban dan pada tahun 2016 ini diselenggarakan KPI ke-7 dengan tema Java’s culture festival wins global tourism dan terbuka bagi para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Mengusung slogan “De Chronicle van Java” KPI ke-7 mengangkat konsep festival budaya mengenai sejarah, keindahan, dan kekayaan di pulau Jawa, kompetisi yang diikuti oleh 478 peserta ini mencakup 9 provinsi antara lain dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, Bali. Kupang, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Ada sekitar 16 jenis lomba pada KPI ke-7 ini antara lain tour package, event proposal, guiding, sabre, Cerdas Cermat Pariwisata, travel writing, short movie, poster, photography, acoustic, tari tradisional, cipta karya kostum festival, tourism advertising video, tray on the road, table set up dan battle cooking.

“Khusus di Tel-U, kita adakan kompetisi dalam bidang hospitality dan bidang yang dilombakan adalah battle cooking, table set up, food display dan tray on the road yang diikuti sekitar 61 peserta dari 9 provinsi tersebut,” ujar Pelaksana Operasional Harian Kaprodi Ersy Ervina, S.Sos.,MM.Par.

Pada ajang ini, Tel-U menurunkan tiga tim untuk kategori cooking battle dan food display, dua peserta pada tray on the road dan tiga peserta pada table set up.

Dengan kategori penilaian dilihat dari rasa, texture, kreatifitas, kerapihan dan ketepatan waktu, semua penilaian tersebut dilakukan oleh juri-juri profesional dari industri perhotelan bertaraf bintang lima.

Aldila Pranesty Permadi mahasiswa Tel-U berhasil merebut juara 3 pada kategori table set up. Sedangkan Juara Dua diraih Yusuf Santana dari ICB dan juara 1 dimenangkan oleh Ni Putu Novi Pradina dari STP Bali.

Adapun pada kategori cooking battle peserta dari Akademik Tataboga Bandung berhasil menjadi juara 1 disusul dengan Oki Krisnaldi dari STP Bogor di peringkat kedua dan Rimba Cahaya dari Akpar NHI pada peringkat ketiga. Sedangkan Juara 1 pada kategori Tray On The Road diraih oleh M.Tri Indra K.S. dari Stiepar, lalu juara ke-2 diraih oleh Arnanto Mandala Kurnia dari SMK 3 Sukabumi, dan Gesa dari Stiepar menjadi Juara ke-3.

Ersy berharap acara ini bisa jadi ajang tahunan mahasiswa perhotelan tel-u agar bisa terus menguji kompetensi mahasiswa guna bersaing dalam industri di Indonesia. “Selain itu tujuan kami juga ingin memperkenalkan D3 perhotelan Tel-U kepada masyarakat Indonesia”. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply