08 May 2015

Tel-U Raih University Award 2015

BANDUNG, TEL-U – Telkom University (Tel-U) meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan karena Tel-U dinilai telah memenuhi syarat kepatuhan penggunaan program computer (software) yang asli dan berlisensi di lingkungan Universitas

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Prof.Dr. Ahmad M. Ramli, S.H.,M.H.,FCBArb, dan Menteri Hukum dan Ham RI Yasonna Hamonangan Laoly kepada Wakil Rektor I Tel-U Dr. Heroe Wijanto, Ir., MT pada kegiatan “Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Se-Dunia ke 15”. Acara digelar di Graha Pengayoman Gedung Kementrian Hukum dan HAM RI, Kamis (7/5).

Menurut Yasonna, pemerintah mendukung masyarakat Indonesia antipemalsuan karena pemalsuan merupakan sebuah pelanggaran keras yang harus dihindari. “Setiap karya yang ada pasti memiliki penciptanya, sehingga sebagai penikmat karya harus menghargai para penciptanya,” ujarnya.

Yasonna menambahkan dengan menghindari pemalsuan artinya bangsa Indonesia akan menghargai kreasi dan inovasi anak bangsa. “Teruslah berkreasi dan berinovasi untuk mencapai mahakarya, jadilah manusia kreatif Indonesia,” ujar Yasonna.

Wakil Rektor I, Dr. Heroe Wijanto menilai penghargaan ini sebagai sesuatu yang wajar karena sejatinya setiap orang harus menghargai karya orang lain dan salah satu cara untuk menghargainya adalah dengan membeli versi aslinya.

“Tapi yang lebih penting lagi, saya harap penghargaan ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk para periset di Tel-U agar tidak hanya menjadi pengguna tapi juga bisa menjadi pencipta atau creator yang baik,” ujar Heroe.

Puncak Peringatan Hari kekayaan intelektual Se-Dunia yang ke 15 ini mengangkat tema ‘Get Up, Stand Up For Music’. Dalam kegiatan bersamaan, ditetapkan juga Duta HKI Indonesia yaitu Afgansyah Reza, seperti yang diketahui Afgan merupakan salah satu musisi Indonesia yang memiliki banyak penggemarnya. Afgan diangkat untuk kedua kalinya sebagai Duta HKI.

Sebagai penutup acara, Ebiet G Ade menghibur para tamu undangan dan para nominator yag hadir. Ebiet G ade juga salah satu musisi Indonesia yang menerima penghargaan dalam acara ini. (Purel/Sarah)

Previous Article Next Article

Leave a Reply