23 Nov 2014

Tel-U Targetkan Kelas Jarak Jauh Tahun Depan

BANDUNG, TEL – U – Telkom University (Tel-U) menargetkan bisa menyelenggarakan kelas jarak jauh tahun depan. Target ini seiring dengan rencana pemerintah untuk menambah jumlah perguruan tinggi yang bisa menggelar kelas jarak jauh dari enam kampus menjadi sepuluh.

“Tahun ini, sudah ada enam perguruan tinggi yang dipercaya pemerintah untuk menggelar kelas jarak jauh. Rencananya, pemerintah akan menambah empat kampus lagi, dan kita menargetkan menjadi salah satu di antaranya,” ujar Kepala UPT PJJ, Iswahyudi Hidayat, ST, MT. di sela-sela Workshop Pengembangan Konten Materi Ajar Multimedia Berbasis Pendidikan Jarak Jauh di Kampus Telkom University, Rabu (19/11).

Karena itu, kata Iswahyudi, sebagai persiapan nyata menjadi kampus penyelenggara kelas jarak jauh, pihaknya menggelar workshop yang digelar di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKB). “Agar bisa bergulir maksimal pada saat pelaksanaan,” katanya.

Acara yang diikuti oleh para dosen Telkom University tersebut fokus pada upaya membuat konten yang efektif. “Dengan adanya konten yang efektif pada pembelajaran jarak jauh, diharapkan para mahasiswa bisa belajar secara mandiri,” katanya.

Iswahyudi menambahkan, ada dua aspek penting dalam penyelenggaraan pendidikan jarak jauh, yaitu persiapan konten dan teknik pengajarannya serta infrastruktur yang memadai.

Diharapkan, kata dia, lulusan kuliah jarak jauh dengan kelas konvensional punya kualitas yang sama. “Sesuai dengan Permendikbud Nomor 109 tahun 201, kualitas output antara kelas konvensional dengan pembelajaran jarak jauh harus sama,”katanya. (purel/nando)

Previous Article Next Article

Leave a Reply