21 May 2014

Tel-U Tergetkan Enam Puluh Guru Besar pada Tahun 2017

BANDUNG, TEL-U – Untuk mencapai target sebagai universitas kelas dunia (World Class University) pada tahun 2017, Telkom University mensyaratkan jumlah guru besar yang mencukupi. Pada pencapaian kelas dunia itu, diharapkan Telkom University sudah melahirkan tidak kurang dari 60 guru besar atau profesor.

“Saat ini kita memiliki 600 dosen, dan kita harapkan sepuluh persen di antaranya bisa menjadi guru besar pada tahun 2017 nanti,” ujar Rektor Telkom University Prof Ir Mochamad Ashari M.Eng saat memberikan pembekalan kepada 36 dosen baru, Rabu (14/5).

Pencapaian ini, menurut rektor, tentunya bukan hal mudah. Apalagi sebagian di antara dosen baru itu merupakan dosen muda yang benar-benar baru mengajar di lingkungan kampus Tel-U. Namun rektor optimis, dengan kerja keras pencapaian jumlah guru besar ini bisa terwujud. “Dosen itu profesi mulia, apalagi bagi kita yang menjalaninya dengan penuh kesungguhan. Saya optimis ini semua bisa tercapai,” katanya.

Para peserta pembekalan ini adalah dosen yang sudah mengikuti Basic Orientation Program atau yang dikenal dengan Bintal (Bimbingan Mental) di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi Lembang, Bandung Barat awal Mei lalu. Sebagian di antara dosen sudah mengajar di Telkom University sejak setahun hingga delapan tahun lalu. Sebagian kecil lainnya baru lolos tes rekruitmen dosen akhir tahun lalu.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) dan Yayasan Pendidikan Sandhykara Putra (YSPT) Johni Girsang mengingatkan para dosen untuk terus meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi, terutama di bidang penelitian. “Karena kalau dosen tidak meneliti, apa bedanya dengan guru SMA?” katanya.

Untuk mendukung pencapaian visi sebagai universitas kelas dunia, kata Johni, pihaknya mendukung antara lain dengan membuka akses penelitian dan pengajaran. “Fasilitas gedung dan sarana penunjang lainnya terus kita tambah agar proses transfer ilmu bapak ibu dosen kepada mahasiswa dapat berlangsung dengan lancar,” katanya.

Selain paparan dari Rektor dan Ketua YPT-YSPT, para dosen juga diberi pembekalan oleh Wakil Rektor I hingga IV. Para dosen juga mendapatkan sertifikat tanda lulus Basic Orientation Program yang diserahkan oleh Kepala YPT kepada empat orang perwakilan dosen.(purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply