02 Aug 2017

Telkom University Dan University Of Arizona Kolaborasikan Program Dual Degree

Bandung, Telkom University – Setelah berhasil meraih predikat layanan informasi teknologi berstandar Dunia, Telkom University kembali merumuskan inovasinya bersama University of  Arizona (UA) membentuk kemitraan Global Micro-Campus Network (GMCN). Dengan program tersebut sekira lebih dari 25.000 mahasiswa internasional di seluruh dunia akan mendapat pendidikan setara. Dengan program ini, Telkom University menawarkan program pendidikan, pertukaran dosen dan profesor, termasuk materi pembelajaran berkualitas internasional disinergikan.

Wakil rektor bidang akademik Dr. Heroe Wijanto pada Jumat (28/7/2017), memberikan penjelasan terkait bergulirnya program “University Network” ini sebagai jawaban atas kemajuan zaman, pendidikan tinggi tidak dapat berdiri sendiri seperti menara gading, “Berangkat dari kesadaran bersama, bahwa pengetahuan harus terus tumbuh dan berkembang, sehingga kemitraan seperti ini (Global Micro-Campus Network) dilakukan untuk sinergi, sehingga pembelajaran itu holistik, negara-negara lain bisa maju, maka kita juga (bisa maju) karena sama (ilmu dan pengetahuannya)” ujarnya.

Sementara itu, pelaksana program Kelas Internasional Ida Wahidah membenarkan, sejauh ini Telkom University melalui kemitraan Internasional terus berinovasi, dalam kaitan dengan itu termasuk pembaruan kurikulum, “Ini penting untuk satu tujuan yang kami sebut dengan pembangunan keilmuan lintas sektor, University of Arizona selama ini berhasil menjadi Universitas top Dunia, maka sudah betul ketika kita bermitra sekaligus menyinergikan program” tambahnya.

Kemitraan yang masuk dalam program ini nantinya, selain pertukaran Pejalar, Dosen dan Profesor juga akan dilakukan program dual degree dengan skema pembelajaran slama dua tahun di Telkom University, dan dua tahun berikutnya di Univrsity of Arizona.

Selain mendorong pendidikan Internasional, Global Micro-Campus Network juga dapat bertindak sebagai pusat penelitian bersama, pengembangan sumber daya pengajar dengan memberikan kesempatan pendidikan tingkat lanjut bagi pengajar di Telkom University untuk ke jenjang doktoral ataupun pascadoktor. Hingga berita ini ditulis, Telkom University merupakan satu-satunya Universitas di Indonesia yang masuk dalam Micro-Campus University of Arizona.[]

Hanpy Faturrahman

Previous Article Next Article

Leave a Reply