25 Jan 2017

Telkom University Dorong Pertukaran Dosen Internasional

Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), memandang penting adanya program pertukaran. Selain mahasiswa, FKB telah mencanangkan program pertukaran dosen. Sehingga wawasan dan iklim perkuliahan di Telkom University sinergi dengan apa yang terjadi di luar negeri. Pun halnya dengan fakultas lain di lingkungan Telkom University.

Baru-baru ini FKB telah menyelesaikan program pertukaran pelajar di Universiti Sains Malaysia (USM) dan Universiti Utara Malaysia (UUM), USM sendiri merupakan Universitas terbaik di Malaysia dan urutan ke 10 terbaik Asia Tenggara berdasarkan rilis Webometrics, sebuah lembaga pemeringkat afiliasi Dewan Riset Nasional Spanyol.

Dekan FKB Jafar Sembiring mengatakan program tersebut adalah bagian dari rangkaian upaya Telkom University menuju perguruan tinggi berstandar dunia, “Dunia sudah berganti regime, basis regime hari ini adalah network societies, sehingga penting bagi kami membangun jaringan yang luas, beragam dan multidimensi akademis, salah satunya kami upayakan dengan pertukaran pelajar, bahkan ke depan kami akan mengirim dosen ke sana (Malaysia) dan sebaliknya”, ungkapnya.

Selain itu, pertukaran pelajar diharapkan mampu memotivasi mahasiswa terhadap dunia global, “Ini juga bisa menjadi pemantik semangat belajar mahasiswa, mereka akan melhat bagaimana mahasiswa di Malaysia menjalani perkuliahan, tentu ini momentum terbaik bagi mereka untuk terus bersemangat menghadapi globalized world”, lanjutnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor bidang Admisi dan Kerjasama Internasional AMA Suyanto menguatkan alasan pencanangan program tersebut, “Student Exchange dan Lecturer Exchange sudah kami lakukan sejak Telkom University berdiri, program ini sekaligus sebagai vehicle for going global university”, katanya.

Lebih lanjut Doktor bidang Business Administration ini menambahkan, sejauh ini Telkom University telah banyak menjalin kerjasama reciprocal melalui Sister University di berbagai negara, “Tidak saja di Asia, kami banyak menggandeng universitas terbaik dunia untuk itu (pertukaran dan kerjasama internasional), semisal Saxion University of Netherland dan Kumoh National Institute of Technology, Korea. Juga untuk Lecturer Exchange kami kirimkan dosen mengajar ke Chitcara University di India”, tandasnya.

Upaya pengembangan kerjasama internasional sangat lazim dilakukan oleh universitas bereputasi global. Terlebih berpedoman pada universitas berbasis riset. Apa yang diupayakan Telkom University selama ini berbuah manis dengan meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai Cumlaude A, dan merupakan satu-satunya Private University di Jawa Barat yang berhasil berpredikat Akreditasi A tersebut.[PR]

Previous Article Next Article

Leave a Reply