05 Sep 2017

Telkom University Bantu Kembangkan Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu

BANDUNG, Telkom University –  Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Telkom University bersama direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) ajak seluruh Kelompok Keahlian (KK) di Telkom University untuk sama-sama kembangkan kawasan nasional Ciletuh Pelabuhan Ratu.

Sosialisasi tersbut berlangsung di Ruang Multimedia, Gedung Bangkit Telkom University, Selasa (5/9) yang dihadiri oleh KK dari masing-masing fakultas. Dr. Dewi K Soedarsono ketua KK dari FKB mengajak seluruh KK untuk bisa sama-sama mengembangkan geopark di Ciletuh Pelabuhan Ratu.

“Sementara project ini adalah hasil kerjasama FKB dengan Fakuktas Teknik Geologi (FTG) Universitas Padjajaran (UNPAD) yang Maret lalu telah dilakukan penandatangan MoU, namun kami (FKB) ingin mengajak seluruh fakultas di Telkom University untuk bisa sama-sama mengerjakan project ini” katanya.

Memiliki kekayaan alam yang sangat indah Dewi mengatakan alasan kenapa memilih Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu untuk sama-sama dikembangkan adalah agar masyarakat disana bisa menjaga dan melestarikan geopark tersebut.

“Geopark ciletuh pelabuhan ratu ini memiliki bentuk landscape yang indah dengan bentuk setengah lingkaran, selain itu disana juga memiliki bebatuan tua yang sudah berumur lebih dari 60 juta tahun serta memiliki situs-situs megalitikum dan peninggalan-peninggalan sejarah zaman penjajahan” katanya

Dewi mnambahkan bahwa ada 5 tujuan project geopark ini yang pertama agar bisa melawan kerusakan lingkungan akibat perubahan iklim, yang kedua mentransformasi ekstraktif ke konservatif, ketiga adalah pengkayaan intelektual bangsa melalui edukasi nonformal hingga semi formal, keempat membangun ekonomi kerakyatan dan yang kelima adalah melakukan revolusi mental.

“Tujuan dan alasan kita mimilih geopark adalah 5 hal tersebut, dimana kekayaan alam adalah warisan untuk generasi yang selanjutnya serta dengan adanya geopark yang terawatt akan membangun sector pariwisata yang berkualitas dan meningkatkan taraf kesejahtraan masyarakat sekita” ucapnya.

Previous Article Next Article

Leave a Reply