25 Nov 2016

Telkom University Kukuhkan 1.690 Wisudawan

BANDUNG, TEL-U – Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda ke-9 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Periode I Tahun Akademik 2016/2017 diselenggarakan pada Jumat & Sabtu (25 & 26 November 2016). Sidang yang diselenggarakan di Gedung Benggala atau Telkom University Convention Hall (TUCH) ini mengukuhkan 1.690 wisudawan dari 27 program studi, di antara 31 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Setelah dilantik, para wisudawan akan bergabung dengan keluarga besar alumni Tel-U yang pada hari ini jumlahnya telah mencapai 35.777 orang dan tersebar di 31 negara, yaitu Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekhistan, Tajikistan, dan Timor Leste

Kepada para wisudawan dan wisudawati, Rektor Telkom University Prof Ir Mochamad Ashari MEng, PhD menitipkan pesan agar tidak puas dengan ilmu pengetahuan yang telah diraih selama kuliah di Tel-U. “Bisa jadi, ilmu pengetahuan yang telah saudara dapatkan selama menempuh studi di kampus ini hanya setitik modal yang harus Saudara kembangkan agar tidak saja Saudara bisa bertahan, tetapi juga mampu menjadi pemimpin masa depan,” ujar Rektor.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua mahasiswa sebagai salah satu pemangku kepentingan, Rektor Tel-U juga menjelaskan tentang perkembangan yang diraih kampus ini dalam tiga bulan terakhir atau sejak wisuda Periode III Tahun Ajaran 2015/2016 Agustus lalu.

Perkembangan itu antara lain diraih oleh Tim Robot dari Fakultas Ilmu Terapan yang berhasil Peraih Medali Emas untuk Juara 1 dan 2 pada kategori Underwater Robot dalam kejuaran World Robot Games (WRG) 2016 pada 24-26 Agustus 2016 di Bandung. WRG 2016 tahun ini diikuti oleh lima negara di ASEAN yaitu Indonesia, Thailand, Philippines, Singapore, dan Vietnam. Indonesia menurunkan sekitar 500 peserta, salah satunya adalah Tim Robotic SAS Tel-U untuk tingkat Senior.

Prestasi internasional lainnya juga diraih oleh para mahasiswa Telkom University yang bergabung dalam Paduan Suara Telkom University (Tel-U Choir). Mereka kembali mengharumkan nama Indonesia dalam The 1st Lanna International Choir Competition yang diselenggarakan di Chiang Mai, Thailand pada 19-23 Oktober 2016. Pada kompetisi yang diikuti oleh 58 tim paduan suara dari 8 negara ini, Tel-U Choir tampil pada dua kategori lomba yaitu Mixed Youth Choir dan Folklore Choir. Mereka berhasil membawa pulang emas untuk Indonesia berupa Gold Diploma Level I dalam kategori Folklore Choir dan Gold Diploma Level IV pada kategori Mixed Youth Choir.

Pada tingkat nasional, prestasi antara lain diraih oleh para mahasiswa dari Stundent English Society (Tel-U SES). Mereka berhasil meraih Juara-1 dan Grand Finalist pada kompetisi Gemasi English Challenge 2016 yang diselenggarakan pada 8-9 Oktober 2016 di Universitas Padjadjaran. Atas prestasi ini, mereka dinobatkan sebagai Juara Umum. Demikian pula, para mahasiswa dari Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual – Fakultas Industri Kreatif, pada 27-29 Oktober 2016 meraih Juara-2 Lomba Animasi pada Pagelaran Mahasiswa Nasional TIK (GemasTIK-9/2016) yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti-RI di Kampus Universitas Indonesia. Secara keseluruhan dalam empat bulan terakhir ini, sejak Juli hingga Oktober 2016, mahasiswa Tel-U meraih prestasi kompetisi sebanyak dua prestasi internasional, enam prestasi nasional, dan satu prestasi lokal. (PR/RAF)

Previous Article Next Article

Leave a Reply