19 Jul 2018

Pustakawan Telkom University Kembali Menjadi Juara 1 Pemilihan Pustakawan Berprestasi TerbaikTingkat Jawa Barat 2018

Bandung – Pustakawan Telkom University Rika Yulianti, M.Ikom berhasil menjadi juara 1 dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Acara yang berlangsung pada Rabu, (7/6) lalu ini dilaksanakan di Aula Graha Pustaka Gedung PBI Lt. 4 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat.

Rika yang saat ini bekerja di Unit Sumber Daya Keilmuan & Perpustakaan Telkom University mengatakan bahwa prestasinya ini buah hasil kerja keras serta dukungan institusi. “Telkom University memberi dukungan dan kesempatan untuk saya mengembangkan dan meningkatkan kualifikasi diri saya, diantaranya pelatihan dan pengembangan profesi, serta mendukung saya untuk berjejaring luas dengan pustakawan lain”

Kompetitor dari perguruan tinggi seperti Unpad, Unikom, Unisba, dan Unpas, bersaing ketat dengan institusi pemerintahan diantaranya Kementrian Pertanian. ESDM, Kelautan dan Perikanan, Perpustakaan Dinas dan Daerah Kabupaten dan Kota Jawa Barat. Totalnya diikuti oleh 21 peserta.

“Pada kompetisi ini, peserta membuat karya ilmiah, presentasi, dan wawancara terkait profesi pustakawan dan tren kepustakawanan. Temanya yaitu Pustakawan Membangun Masyarakat Literat dalam Pencapaian Pembangunan Berkelanjutan” jelas Rika.

Rika mengungkapkan, selain persiapan mental dan fisik, dia mempelajari apa-apa saja yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang pustakawan. Berdiskusi dengan rekan kerja yang tahun lalu meraih gelar yang sama juga dilakukannya.

Menurutnya, kompetitor paling kompetitif yaitu dari Pustaka Bogor, Unpad, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kab. Sukabumi. Tapi hal tersebut tak membuatnya gentar, Rika justru lebih semangat dalam memaerkan kompetensinya.

“Saya berharap capaian ini akan memberikan inspirasi bagi rekan-rekan lain di Telkom University maupun lingkup yang lebih luas di Jawa Barat untuk berkontribusi secara positif untuk pengembangan profesi masing-masing. Semoga hal ini dapat pula meningkatkan nilai positif institusi di tingkat Provinsi dan Indonesia..”

Previous Article Next Article

Leave a Reply