06 Sep 2014

Telkom University Mulai Rancang Infrastruktur Bandung Smart City

Bandung, Tel-U – Dekan Fakultas Teknik Elektro Telkom University, Dr. Rina Pujiastuti dan tiga orang dosen Telkom University yang pada Jumat (29/08) lalu dilantik menjadi Dewan Pengembangan Bandung Smart City, menyatakan bahwa dirinya tengah melakukan studi literatur untuk merancang pengembangan infrastruktur Bandung Smart City. Hal ini disampaikan dirinya pada Rabu (03/09) di Ruang Dekan Fak. Teknik Elektro Telkom University.

Menurutnya, Dewan Pengembangan Bandung Smart City ini terdiri dari beberapa tim. Ia dan ketiga dosen Tel-U yang lain masuk ke dalam tim akademik. Di tim ini, juga terdapat beberapa orang dosen dari Insititut Teknologi Bandung (ITB). Dijelaskan olehnya bahwa tugas tim akademik ini mengkaji pengembangan yang terkait infrastruktur. Maka dari itu, studi literatur adalah langkah awal sebagai bahan referensi untuk melakukan hal tersebut.

Pengembangan infrastruktur Bandung Smart City ini meliputi bidang sosial, pemerintahan, dan manajemen infrastruktur. “Kami ini merancang mulai dari pegembangan di bidang sosial, pemerintahan, dan manajemen infrastruktur. Hal ini akan berguna dalam peningkatan ekonomi, tata kelola, sosial dan moral masyarakat Bandung tentunya,” katanya.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil menargetkan Bandung Smart City mulai bisa dijalankan pada tahun 2018. Maka dari itu, Dr. Rina dan tim akademik sebagai Dewan Pengembangan harus bekerja keras untuk merancang infrastruktur Bandung Smart City.

Wireless Sensor Network adalah alat yang berguna dalam memantau kinerja sistem komputerisasi yang nantinya akan diterapkan pada Bandung Smart City ini. Hal inilah yang dilakukan penelitian oleh Telkom University melalui Fakultas Teknik Elektro dan Fakultas Informatika. Maka dari itu, kegiatan pengembangan infrastruktur Bandung Smart City berawal dari Wireless Sensor Network ini.

Dr. Rina Pujiastuti juga berharap kepada tim di Dewan Pengembangan Bandung Smart City ini untuk menjaga keharmonisannya masing-masing. “Saya berharap agar semua tim bisa solid untuk bersama-sama mengembangkan Bandung Smart City,” katanya. (purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply