12 May 2014

Telkom University Sabet Juara Dua Cyber Defense Competition 2014

BANDUNG, TEL – U – Tim Anthurium yang berasal dari Fakultas Informatika (School of Computing) Telkom University berhasil menyabet Juara Ke-2 Kategori Umum pada ajang Cyber Defense Competition 2014 yang digelar pada Kamis – Jumat (8-9/5) di Surabaya.

Cyber Defence Competiton merupakan salah satu ajang bergengsi di bidang network security yang meliputi Computer Forensic, Computer Network Defence, Capture the Flag dan Peneteration Testing. Kompetisi ini diadakan oleh Kementerian Pertahanan Indonesia dan didukung oleh Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) sebagai pelaksana Teknis, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), PANDI, Nawala, Inixindo, INDOCISC, ITS, dan ITB.

Menurut Ketua Tim Anthurium, Azwar Al Anhar, pelaksanaan lomba ini terdiri dari 2 sesi yakni offline dan online. Tahap online dimulai sejak 12 – 15 Februari 2014 dengan seleksi bertahap pada regional berbeda yaitu Sumatera, Jawadan Madura, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan dan Sulawesi, serta Maluku dan Papua.

“Pelaksanaan lomba online berada di tempat masing-masing, sedangkan offline bertempat pada Akademi Angkatan Laut Bumi Moro Surabaya pada Kamis dan Jumat kemarin,” ujarnya.

Selain Azwar, tim ini beranggotakan 3 mahasiswa dari Fakultas Informatika dan satu mahasiswa Fakultas Elektro yang berada dalam satu laboratorium. Mereka adalah Viandika Fauzi, Ardian Septa Nugraha, Chandra Mahendra Putra, dan Hengky Yudha Bintara.

Juri perlombaan ini merupakan para professional dan praktisi IT Security yang terkenal handal di bidangnya. Total juri ada 13 orang, di antaranya ada Pak Budi Rahadjo (ITB) dan pak Hariadi yang mewakili dari bidang Akedemisi, BPPT (Pak Hamam Riza, APJII (Pak Irvan Nasrun, pak Semi), PANDI (Pak Andi Budimansyah), Nawala dan Id-SIRTII/CC, dll.

Peserta Penyisihan online dengan jumlah 88 tim tersebar di seluruh Indonesia berdasarkan Regional dan peserta final terdiri dari 29 tim yang terdiri dari : 15 tim umum (12 tim melalui seleksi online, tim juara bertahan, dan 2 tim undangan panitia), 5 tim pelajar (melalui seleksi online) dan 9 tim dari anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU serta Kemenhan yang dikelompokkan dalam kategori umum.

Tim Anthurium adalah salah satu tim yang terdiri dari 5 orang anggota Lab Comsys di bawah naungan Fakultas Informatika Telkom (School of Computing) yang didirikan akhir tahun 2013. Tim ini didedikasikan untuk mengikuti lomba dibidang Telematika, khususnya pada bagian Security. Tim yang sebelumnya bernama YOLO ini pernah meraih juara umum ke-2 dan juara kategori Forensic pada Lomba Cyber Jawara 2013. Dengan pergantian salah satu anggota Tim, nama tim berubah menjadi Anthurium. Ajang kompetisi yang pertama yang pernah diikuti adalah ICFC (International Cyber Forensic Competition) pada bulan Desember 2013 lalu dan berhasil meraih juara ke-3.

Dekan Fakultas Informatika Dr. Maman Abdurohman S.T., M.T, menyambut baik kemenangan para mahasiswa ini. “Saya sangat berterimakasih atas perjuangan kalian dan mudah-mudahan kemenangan seperti ini dapat terus kita pertahankan. Kita harus terus ingat bahwa di kampus ini prestasi adalah tradisi,” ujar Maman. (KomPro/raf)

Para Pemenang dari 2 kategori yaitu:
Kategori Umum
Tim Alpha Omega (Juara 1 Umum)
Tim Anthurium (Juara 2 Umum)
Tim Indonesia UnderTeam (Juara 3 Umum)
Tim Defense 2 (Juara Harapan 1 Umum)
Tim Partai Bajak Laut (JuaraHarapan 2 Umum)

KategoriPelajar
Tim KID (Juara 1 Pelajar)
Tim Belum ada Nama (Juara 2 Pelajar)
Tim Mainstream (Juara 3 Pelajar)
Tim Spongebob (JuaraHarapan 1 Pelajar)
Tim Indonesia Underteam Jr (JuaraHarapan 2 Pelajar)

Previous Article Next Article

Leave a Reply