25 Jun 2015

Telkom University Siap Hadapi Main Audit ISO 9001:2008

BANDUNG, TEL-U – Usai sudah Telkom University menjalani Initial Audit Mutu Eksternal ISO 9001:2008. Audit yang dijalankan mulai hari Senin kemarin ditutup secara resmi dalam pertemuan Inisial Audit Mutu Eksternal di Ruang Rapat lt. 5 Gedung Bangkit, Rabu (24/6).

Auditor dari PT. Bureau Veritas Indonesia, Olrah Pattinama menuturkan, yang terpenting dari Initial Audit adalah kesiapan dokumentasi untuk diaudit. “Dari beberapa sampling yang kita ambil, Telkom University sudah siap untuk melakukan Main Audit,” ujarnya.

Tim auditor memberikan masukan kepada Tel-U untuk lebih meningkatkan lagi departemen yang telah diaudit. Untuk Fakultas Komunikasi dan Bisnis pelaksanaan prosedur operasi perwalian sudah benar. Hanya saja berdasarkan dari dokumentasi yang diterima oleh tim audit, ditemukan beberapa perwalian yang kurang dari tiga kali pertemuan.

Kemudian untuk Fakultas Ilmu Terapan, pelaksaan survey kepuasan mahasiswa terhadap mata kuliah sudah dilakukan dengan baik. Tetapi tim audit menemukan bahwa ada beberapa mata kuliah yang tidak disurvey. Ini perlu ditingkatkan lagi agar survey tersebut dapat berjalan dengan baik bagi Fakultas Ilmu Terapan.

Adapun yang terakhir diaduit adalah Direktorat Sumber Daya. Di sini tim audit menyarankan agar prosedur pembelian harus mengacu kepada dokumen yang dikeluarkan oleh Yayasan Pendidikan Telkom, yaitu dokumen YPT:0306/00/YPT/2015. Dokumen tersebut perlu jadi acuan dan diapdosi ke dalam prosedur pengadaan barang dan pembelian Telkom University.

Rektor Tel-U, Prof. Dr. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D. menuturkan hasil dari Initial Audit yang dilakukan tiga hari ini sangat menggembirakan bagi pihak Telkom University. Namun Rektor mengingatkan hasil ini jangan sampai membuat terlena karena Initial Audit masih berupa sampling. “Yang menjadi acuan utama kita adalah Main Audit yang akan dilaksanakan September mendatang dengan meningkatkan segala persiapan yang diperlukan sesuai dengan masukan yang diberikan oleh tim auditor saat ini,” ujarnya. (Purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply