23 Nov 2017

TELKOM UNIVERSITY SIAPKAN BEASISWA 30 MILYAR

BANDUNG, Telkom University – Salah satu tanggungjawab sosial perguruan tinggi, adalah menjamin ketersediaan akses pendidikan bagi masyarakat. Di mana saat ini masih banyak generasi potensial Indonesia yang belum beruntung menikmati pendidikan tinggi, memahami hal itu Telkom University setiap tahun berupaya memberikan beasiswa pendidikan bagi siswa-siswi terpilih. Dengan harapan, akses pendidikan tidak saja bagi kalangan mampu secara ekonomi, tetapi dapat merata bagi kalangan ekonomi cukup.

Sebanyak 350 siswa SMA/SMK/MA se-Bandung Raya menerima beasiswa pendidikan senilai Rp 350 juta dari Telkom University. Beasiswa tersebut diberikan kepada siswa-siswi berprestasi atau kurang beruntung secara ekonomi, sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikannya di tingkat menengah atas. Hal ini terungkap dalam acara “Tell You One Moment” di GSG Telkom University, Rabu (22/11/17).

Rektor Telkom University Profesor Mochamad Ashari mengatakan, setiap tahun Telkom University secara konsisten menggelar program beasiswa, baik yang ditujukan bagi siswa SMA dan sederajat, maupun bagi mahasiswa Telkom University. Ini merupakan kontribusi Telkom University untuk turut serta dalam gerakan mencerdaskan bangsa. Sebagaimana diketahui, data UNICEF tahun 2016 menyebutkan bahwa sebanyak 2,5 juta anak Indonesia yang tidak dapat menikmati sekolah lanjutan. Sementara angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Indonesia pada 2016 juga masih di bawah 40%.

“Tahun 2018, Telkom University menyediakan beasiswa Rp 30 miliar bagi mahasiswa baru dan mahasiswa existing. Nilai ini meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp 20 miliar. Jadi siapapun bisa kuliah di Telkom University menggunakan beasiswa ini, asalkan memenuhi syarat,” ujarnya.

Profesor Ashari menambahkan bahwa saat ini Telkom University telah menjadi rumah bagi 30.000 mahasiswa dari 30 negara dan 34 provinsi di seluruh Indonesia. Mereka berasal dari latar belakang yang sangat beragam, baik itu suku bangsa, agama, juga strata sosial. Menurut dia, wali mahasiswa Telkom University ada yang bekerja sebagai petani, buruh, hingga pengusaha.

Salah seorang penerima beasiswa pendidikan Telkom University adalah Amir Mahmud Alamsyah (18), siswa kelas XII SMAN 1 Dayeuhkolot Kab. Bandung, yang sejak kecil sudah yatim piatu. Biaya hidup dan sekolah Amir kini ditanggung bersama oleh kakak-kakaknya. Ketua Umum Paskibraka SMAN 1 Dayeuhkolot ini mengaku kesulitan membayar biaya sekolah, karena kakak-kakaknya juga harus membiayai adiknya.

“Buat anak seperti saya, mau lulus SMA juga penuh perjuangan. Bersyukur sekali bisa dapat beasiswa ini, jadi saya bisa bayar SPP sekolah,” kata Amir yang bercita-cita menjadi anggota TNI.

Selain program beasiswa, “Tell You One Moment” juga dimeriahkan oleh pelatihan public speaking bersama Budi Kusumah, drama musikal “Sangkuriang”, diskusi musikal bersama Pidi Baiq, donasi buku untuk 50 sekolah, pameran pendidikan, festival kuliner, lomba foto, dan penampilan bintang tamu JAZ. Menurut Direktur Admisi dan International Office Telkom University Rinna Fridiana, sekitar 1.000 peserta hadir dalam kegiatan tersebut. Tak hanya pelajar, mahasiswa, guru, wali murid, dan masyarakat umum juga turut meramaikan “Tell You One Moment”. (***)

Previous Article Next Article

Leave a Reply