30 Aug 2017

Tempo Goes To Campus: Tingkatkan Kompetensi Dengan Belajar Membuat Konten Investigasi

Bandung, Telkom University – Fakultas Komunikasi dan Bisnis pada Rabu, (30/8) mengadakan seminar bertemakan Ngaji Investigasi yang bekerjasama dengan Tempo Institute. Seminar yang masuk dalam rangkaian Tempo Goes To Campus ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa Telkom University khususnya FKB terkait pembuatan konten berbentuk investigasi.

Seperti yang ¬†diungkapkan oleh Dekan FKB Dr. Jafar Sembiring, “Ilmu Komunikasi saat ini menjadi prodi favorit ke empat di Telkom University. Melihat hal tersebut, kami lebih semangat untuk berbenah diri dalam hal meningkatkan kompetensi. Sehingga mahasiswa kami mampu brsaing dengan prodi serupa di kampus lain.” ungkapnya.

Pemateri yang hadir pada seminar ini merupakan sosok yang memang sudah ahli di bidangnya masing-masing dan berpengalaman cukup lama. Ada Redaktur Majalah Tempo yaitu Anton Septian, lalu Kontributor Tempo Bandung, Iqbal T. Lazuardi. Turut hadir juga Rana Akbari Fitriawan, Dosen FKB sekaligus Moderator untuk mengawal jalannya acara.

Keduanya memaparkan materi dengan begitu apik, membahas bagaimana mereka mengawali karir di salah satu media terbesar nasional saat ini hingga melakukan investigasi untuk menguak kasus-kasus dan menulisnya menjadi sebuah konten investigasi yang layak dibaca.

“Perkembangan teknologi tidak bisa dihindari. Hal tersebut memang bisa menjadi disrupt bagi media konvensional. Seperti berita bom di Kampung Melayu, pemberitaan bukan oleh media konvensional tapi oleh masyarakat yang membagikannya ke media sosial.” ungkap Iqbal.

Alasan Tempo mengedepankan konten investigasi diungkapkan oleh Anton, “Jurnalisme sebenarnya bisa diberdayakan lagi. Responden bisa percaya pada sebuah konten yg berkualitas. Karena itu tempo memilih membuat konten berkualutas salah satunya adalah investigasi. Informasi dalam konten bertema investigasi cukup ketat, perlu memaparkan data lapangan yang akurat dan tepat.”

Previous Article Next Article

Leave a Reply