19 Oct 2015

Temukan Cara yang Tepat untuk Menembus Jurnal Internasional

BANDUNG, TEL-U – Untuk mengembangkan nama bangsa dalam dunia internasional, salah satu caranya dalam dunia pendidikan adalah dengan menulis makalah penelitian. Makalah penelitian tersebut tidak hanya dibuat, tetapi juga harus terindeks dalam pencarian. Sehingga bisa meningkatkan publikasi ke ranking (peringkat) yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Professor Teknik Komputer Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Rini Fitri Sari, M.Sc., MM saat menjadi pembicara dalam Workshop Menembus Jurnal Internasional. Workshop yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Elektro di Ruang Rapat Gedung Barung, Kamis (15/10).

“Dalam menulis makalah, kita perlu menemukan cara yang cepat untuk mencari di antara lautan ilmu pengetahuan yang luas sebagai fokus yang ingin dituju,” ujar Rini. Menurutnya, fokus tersebut haruslah apa yang benar-benar dikuasai dan tentunya tidak ada orang lain yang mengerjakan fokus yang sama. Sehingga fokus tersebut bisa ditambahkan dalam ilmu pengetahuan.

Rini menjelaskan, penelitian dan penulisan makalah adalah pekerjaan yang harus diselesaikan hingga tuntas. Bentuk dan adopsi kebiasan-kebiasan baru yang berkembang dikalangan peneliti karena tuntutan perubahan jaman. “Menulis makalah adalah pekerjaan yang diiterasi terus menerus, tidak ada garis akhir, namun setiap langkah akan membawa kita makin dekat ke tujuan,” ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Elektro, Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M.T., berharap agar workshop ini bisa bermanfaat bagi Telkom University. Rina menuturkan, salah satu kesulitan yang dialami oleh rekan-rekan dosen adalah tulisannya belum bisa menembus jurnal internasional. “Semoga dengan kedatangan Professor Rini bisa membagi strategi-strategi dan cara penulisan yang baik untuk bisa tembus ke jurnal internasional,” ujar Rina. (purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply