19 Dec 2014

THETA, Aplikasi TA/PA untuk Mahasiswa

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa Telkom University (Tel-U) sebentar lagi punya “teman” baru yang siap membantu dalam proses pengerjaan Tugas Akhir (TA) atau Proyek Akhir (PA). Namanya Theta. Siapa sih dia?

Oo…ternyata Theta yang ini bukan nama manusia. Theta adalah aplikasi besutan Direktorat Sistem Informasi (Sisfo) Tel-U yang terintegarasi dengan portal utama mahasiswa yaitu i-Gracias. Selain itu Theta membantu bagian Layanan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (LAAK) fakultas dalam melakukan penjadwalan.

Agar mahasiswa mengenal “teman” baru ini, Direktorat Sisfo mengelar sosialiasi aplikasi Theta di Gedung K, Kamis (18/12). Hadir Asisten Manager Pengembangan Akademik Direktorat Sisfo, Tora Fahrudin, S.T., M.T., yang memberikan penjelasan panjang lebar.

Menurut Tora, Theta merupakan aplikasi baru yang akan disosialisasikan hingga akhir bulan Desember ini, bersamaan dengan inisialisasi data. User dalam Theta antara lain adalah Wakil Dekan 1, Kelompok Keahlian, Layanan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (LAAK), Dosen, dan Mahasiswa. “Kami harapkan nantinya seluruh fakultas akan menggunakan aplikasi yang sama untuk menjalankan dan menyelesaikan karya akhirnya,” ujarnya.

Dalam menggunakan Theta, mahasiswa perlu memahami beberapa tahapan. Pertama, mengajukan proposal dan dosen pembimbing untuk mendapatkan SK. Setelah itu, mahasiswa dapat melakukan bimbingan online dengan dosen pembimbing. “Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri untuk ikut sidang dan mengecek kelengkapan untuk dapat mengikuti sidang,” kata Tora.

Setelah disetujui, mahasiswa dapat melakukan sidang, kemudian mengunggah (upload) dokumentasi TA/PA di Open Library. Dan yang terkahir, mahasiswa terdaftar dalam sidang yudisium dan mendapatkan transkip nilai serta SKL. (purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply