07 Dec 2016

Tim Superprenur Raih Juara 3 dalam The 13th HIPOTEX-R Young Economist ICON 2016

BANDUNG, TEL-U – Delegasi Telkom University melalui Tim Superpreneur berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi nasional The 13th HIPOTEX-R Young Economist ICON 2016 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor, Rabu-Jumat (9-12/11). Tim ini terdiri dari Titin Rini Kartini (Prodi S1 Administrasi Bisnis 2014) dan Ilham Ramadan P S N Siregar (Prodi S1 Administrasi Binis 2014).

Untuk bisa mencapai juara 3, tim Superpreneur harus melalui lima tahapan. Pertama, pembuatan abstrak pada tahap awal penyisihan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap full paper yang selanjutnya akan dipresentasikan. Lolos tahap presentasi, tim Superpreneur lanjut ke tahap brainstorming. Dan pada tahap terakhir masuk ke tahap final yang berupa kompetisi debat.

Pada tahap abstrak hingga tahap presentasi, tim Superpreneur mengangkat topik tentang teknologi pendidikan dengan mengembangkan cara monotize sebuah aplikasi smartphone bernama EZ Marker. Rini menuturkan, EZ Marker sendiri adalah sebuah aplikasi pemeriksa kertas ujian berbasis smartphone yang dikembangkan oleh Buah Batu Team. “Kami berkerja sama dengan Buah Batu Team untuk merancang strategi monotize dari produk EZ Marker ini,” ujar Rini.

Dalam tahap brainstorming tema yang diangkat mengenai infrastruktur negara. Tim Superpreneur kebagian topik tentang efektivitas dan efisiensi adanya kereta cepat dari Jakarta-Bandung. “Dalam topik tersebut kami lebih melihat dari segi ekonomi, investor, utang negara, dan bagaimana dampak setelah pembangunan,” ujar Rini.

Hasil yang baik diraih oleh tim Superpreneur dalam tahap brainstorming dan berhak melaju ke tahap final. Tahap final sendiri merupakan kompetisi debat yang dibagi menjadi dua sesi. Dalam sesi yang pertama tim Superpreneur berhadapan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan sesi kedua berhadapan dengan  Universitas Diponegoro Semarang.

Ilham menuturkan, pengambilan juara diambil dari akumulasi poin yang diperoleh setiap tim dari lima tahapan. “Dari akumulasi tersebut kami berhasil meraih juara ke tiga,” ujar Ilham.

Ilham dan Rini berharap, agar mereka bisa lebih mengikuti kompetisi lagi dan mengharumkan nama Telkom University. “Semoga kedepannya kami bisa membawa gelar juara yang lebih besar lagi,” ujar Ilham.

Sementara itu, untuk juara 1 diraih oleh tim dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan juara 2 diraih oleh tim dari Universitas Brawijaya. Kompetisi ini diikuti oleh delapan tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain Tel-U tujuh tim lainnya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. (PR/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply