UKM Kesenian Bali Widyacana Murti terbentuk pada 26 maret 1992, dengan beranggotakan hanya 8 anggota yang berasal dari Bali. Para anggota ini memiliki tujuan yang kuat agar para mahasiswa dan mahasiswi asal Bali bisa saling mengenal dan bergabung dalam suatu wadah organisasi. Dengan adanya wadah UKM harapannya ada rasa solidaritas yang kuat antar mahasiswa dan mahasiswi yang berasal dari Bali walaupun mereka berada di kota rantauan. Walaupun minoritas, UKM Kesenian Bali Widyacana Murti ini diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi dapat saling mengenal dan saling membantu satu sama lain sesama anggota UKM.

 

UKM Kesenian Bali Widyacana Murti juga memiliki beberapa kegiatan tahunan yang terus diselenggarakan sejak awal terbentuk. Acara rutin yang pertama dilakukan adalah Regenerasi. Acara ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh anggota baru UKM Bali sebagai suatu persembahan untuk para senior yang sudah mengikuti UKM Bali periode sebelumnya. Selain regenerasi, ada pula acara tahun yang rutin dilaksanakan yaitu Dies Natalis. Acara tahun ini merupakan wujud dari perayaan ulang tahun UKM Kesenian Bali Widyacana Murti. Hingga tahun ini pelaksanaan Dies Natalis sudah terselenggara sebanyak 24 kali dari tahun 1992 hingga sekarang.

 Dulunya pelaksanaan Dies Natalis dilaksanakan dengan cara yang sangat sederhana, sangat berbeda dengan periode kini disajikan dengan penari yang diiringi musik yang berasal dari para penabuh yang dulunya diiringi dari kaset yang biasa digunakan untuk mengiringi pementasan.

Kepengurusan UKM Kesenian Bali dikelola secara langsung oleh mahasiswa Telkom University dimana pengurus intinya berjenjang diganti berdasarkan angkatan dengan masa bakti selama satu tahun. Keanggotaan UKM ini bersifat suka rela dan terbuka untuk umum, sehingga bukan hanya untuk mahasiswa asal Bali saja, tetapi untuk siapa saja yang ingin mempelajari kesenian Bali.

 Terdapat beberapa aktifitas yang sering melibatkan anggota:

 1) Regenerasi anggota UKM Kesenian Bali Widyacana Murti

2) Dies Natalis UKM Kesenian Bali Widyacana Murti

3) JOB dan undangan pementasan dalam suatu acara

 Selain aktivitas, UKM Bali juga memiliki beberapa prestasi diantaranya:

 1) Juara Harapan 1 (Kategori Tari Palegongan) Festival Tari Bali XX ITB 2018

2) Juara 1 Tari Teuna Jaya (Kategori Perorangan Dewasa) Festival Tari Bali XX ITB 2018

3) Juara Umum Festival Tari Bali XX ITB 2018

Adapun syarat menjadi anggota UKM Bali ialah telah mendaftar dan mengikuti Rangkaian regenerasi anggota baru UKM Kesenian Bali Widyacana Murti.