20 Jun 2014

UKM KSR Telkom University Tuntaskan Diklatsar Pertama

“Palang Merah Indonesia,
Sumber kasih umat manusia,
Warisan luhur, nusa dan bangsa…”
…………..

Lirik mars PMI dikumandangkan oleh para anggota muda Korps Sukarela Telkom University dengan penuh haru dan khidmat pada acara penutupan pendidikan KSR Telkom University dasar yang pertama.

Korps sukarela atau biasa disingkat KSR Telkom University baru saja menyelesaikan pendidikan dasarnya yang pertama di Gunung Puntang, Kabupaten Bandung pada tanggal 8 -11 Juni kemarin.

KSR Telkom University merupakan kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR ini merupakan gabungan dari beberapa unit KSR di masing – masing fakultas yang terdiri dari KSR IT Telkom, MRC IM Telkom, KSR Politeknik Telkom dan KSR Stisi Telkom.

Pendidikan Dasar ini diikuti 11 anggota terpilih yang berhasil bertahan menempuh proses pendidikan, lalu dikukuhkan menjadi anggota muda KSR. “Selain untuk pembentukan kader yang berdasarkan kepalangmerahan dan bulan sabit internasional, para anggota muda Korps Sukarela juga diharapkan mampu menguasai materi palang merah, medis dan teknis relawan,” ujar Ketua Pelaksana Pendidikan Dasar Korps Sukarela Faizhal Rifki Alfaris.

Faizhal menambahkan, para anggota baru dilatih untuk bisa mengaplikasikan semua materi yang telah diberikan pada masa pra-pendidikan selama 3 Bulan lamanya sejak masa perekrutan calon anggota KSR. “Materi yang diberikan merupakan materi praktek dan lapangan tentang pertolongan korban di sungai dan bukit, materi tentang pertolongan pertama, evakuasi korban, tanggap bencana, korban banyak, dan materi lainnya tentang pertolongan pertama sesuai kurikulum PMI.

Menurut Faizhal, sebagai salah satu unit KSR yang paling aktif di daerah Bandung Selatan, para anggota KSR Telkom University akan terus berdedikasi untuk kampus, masyarakat dan bangsa Indonesia dengan segala kemampuan yang mereka punya. “Juga ikut berperan aktif dalam aktifitas kesukarelawanan dan kegiatan kesehatan di lingkungan kampus,” katanya. (purel/azzah)

Previous Article Next Article

Leave a Reply