12 Aug 2014

Website Tel-U Masuk 20 Website Kampus Terbaik di Indonesia

BANDUNG, TEL – U – Website Telkom University (Tel-U) masuk dalam jajaran 20 web kampus terbaik di Indonesia. Web Tel-U dinilai layak untuk disejajarkan dengan website kampus lain di Indonesia. Bahkan dari beberapa hal yang menjadi faktor penilaian, website Telkom University lebih baik dibandingkan perguruan tinggi lain.

Penilaian ini dirilis oleh Argya Cyber, sebuah perusahaan teknologi informasi yang memfokuskan diri pada industri website berbasiskan Open Source Content Management System (CMS). Perusahaan ini melakukan review terhadap 158 web di Indonesia.

“Dari 158 web yang kami review, kami mengambil 50 besar terlebih dahulu, setelah itu kami kerucutkan lagi dengan jumlah yang lebih kecil. Dan hasilnya kami mendapatkan 20 desain website yang terbaik menurut penilaian tim kami,” demikian tertulis di laman perusahaan itu.

Tim penilia Argya Cyber mencoba meletakkan beberapa penilaian yang mengacu pada tren desain website terkini sebagai barometernya. Salah satu desain yang sedang populer saat ini yaitu konsep flat yang memberi kesan modern minimalis.

Disebutkan, flat desain adalah teknik desain website yang menggunakan efek sederhana, skema desain yang tidak menyertakan atribut tiga dimensi, seperti hadirnya gradasi maupun emboss. Flat desain sendiri banyak sekali digunakan oleh web universitas di Indonesia untuk memberikan kesan sederhana namun tetap user friendly.

Semua ini menjadi salah satu unsur penilaian, meski tidak mutlak. Artinya masih ada point lain yang juga berperan penting untuk menjadikan website tampil cantik, bersih, rapi, sederhana dan user friendly. Penilaian itu berdasar sistem navigasinya, foto, skema warna, dan pilihan font yang digunakan.

Secara acak, ke-20 kampus yang dinilai memiliki desain website terbaik itu adalah:
1. Universitas Sumatera Utara (USU), Medan
2. Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung
3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
4. Universitas Brawijaya (UB), Malang
5. Universitas Negeri Malang (UM), Malang
6. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Surabaya
7. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
8. Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta Barat
9. Universitas Presiden
10. Universitas Muhammadiyah Jakarta
11. Universitas Bakrie, Jakarta
12. Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang
13. Universitas Pelita Harapan
14. Universitas Muhammadiyah Malang
15. Telkom University
16. Universitas Kristen Petra Surabaya
17. Universitas Atmajaya Yogyakarta
18. STIMIK ESQ Business School
19. Politeknik Negeri Bandung (Polban)
20. USB Internasional

(purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply