20 Nov 2014

Yuk Kita Lihat Sepekan Pameran Karya Teknik Fisika!

BANDUNG, TEL – U – Apresiasi diberikan sebagai salah satu usaha menghargai pekerjaan orang lain. Inilah yang kemudian diterapkan oleh program studi Teknik Fisika Fakultas Teknik Elektro Tel-U terhadap mahasiswa tingkat dua sampai dengan tingkat empat. Pada Senin – Jumat (17-21/11) bertempat di selasar Fakultas Teknik Elektro, diselenggarakan sebuah Pameran Tugas Besar.

Menurut Dosen Teknik Fisika, Ahmad Qurthobi, S.T., M.T., barang-barang yang dipamerkan adalah hasil karya tugas besar dari berbagai mata kuliah yang ada di program studi Teknik Fisika. “Setiap hari berbeda sesuai mata kuliah yang tugas besarnya dipamerkan,” kata Ahmad saat diwawancarai Selasa (18/11).

Hari Senin, kata Ahmad, untuk Mekanika Fluida, Selasa untuk Teknik Pengukuruan, Rabu untuk Termodinamika Teknik, Kamis untuk Elektronika Digital, dan Jumat untuk Sistem Kontrol Cerdas. “Hari Jumat, sebagai pengenalan Teknik Fisika, kami melakukan penerbangan lampion,” katanya.

Masing-masing tugas besar tersebut dikerjakan secara berkelompok. Biasanya terdiri dari lima sampai enam orang dalam satu kelompok.

Selain dipamerkan, tugas besar ini juga dilombakan. Nantinya dipilih Juara Satu, Dua, dan Tiga berdasarkan penilaian juri yang juga dosen Teknik Fisika. Meskipun masing-masing mata kuliah akan berbeda sistem penilaiannya.

“Penliaian masing-masing mata kuliah berbeda. Untuk hari ini contohnya adalah Flow meter, yang dinilai ketepatan pengukuruan, bentuk yang sesuai, dan penerapannya pada bidang pertanian,” ucapnya.

Ahmad optimis kegiatan serupa bisa digelar mulai dari tingkat universitas bahkan hingga nasional. Tentunya dengan sistem perlombaan dan hadiah menarik. Tujuannya selain meningkatkan kredibilitas program studi Teknik Fisika, juga meningkatkan eksistensi Telkom University di kancah nasional.

“Saya berharap ketika satu sampai dua tahun mendatang, Pameran Tugas Besar ini bisa menjadi ajang perlombaan yang digelar mulai dari tingkat Telkom University hingga Nasional. Maka dari itu, dukungan baik moril hingga materil dari Tel-U tentu sangat kami harapkan,” pungkasnya. (Purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply