02 Jul 2018

Hanbat University Lakukan Collaborative Research Bersama Telkom University

Bandung, Telkom University – Sebagai perguruan tinggi berkelas dunia, sebaran kerjasama yang dilakukan tentu harus mengglobal. Hal tersebut tentu untuk menunjukkan eksistensi Telkom University di mata perguruan tinggi di seluruh dunia. Seperti yang berlangsung pada kegiatan Collaborative Research 2018 yang dilaksanakan Fakultas Teknik Elektro (FTE) Telkom University pada Senin, (2/7) bersama Hanbat University Korea.

Director of Innovation Center of Hanbat National University Prof Chong Geun Lee mengungkapkan bahwa ini merupakan kesempatan yang baik bagi tim dan mahasiswanya untuk belajar di Telkom University. “Kerjasama ini kita akan fokus pada pembuatan Internet of Things (IoT), kami harap bisa membuat produk yang bermanfaat dan hal lain yang relevan bersama-sama.” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Program kerjasama ini telah tertulis dalam strategic plan FTE, selain Collaborative Research FTE juga memiliki global academic program seperti Summer School yang akan digelar pada akhir Juli 2018. “Kami tentu akan mengundang rekan-rekan yang hadir disini untuk mengikuti program tersebut.” ungkap Dekan FTE Dr. Bambang Setia Nugroho, S.T., M.T.

Collaborative Research ini akan dilakukan dikawasan Gambung, Ciwidey, Bandung. Pada lahan seluas 600 Ha, Telkom University dan Hanbat akan membuat balai tanaman teh menggunakan IoT. Membantu mengklasifikasikan 11 jenis tanaman teh, memonitor teh siap tanam, dan aerial geografis perkebunan menggunakan drone. Sekitar 14 mahasiswa hanbat, didampingi profesor akan berada di Bandung selama 1 minggu (2-7 Juli).