18 Jan 2019

Dr. Maria Apsari: Bantu UMKM Fesyen Moslem di Jawa Barat Ciptakan Kreasi Nilai dan Inovasi Produk

Dosen Fakultas Industri Kreatif Telkom University, Dr. Maria Apsari Sugiat, SE.Ak, MM berhasil meraih gelar doktor di bidang Manajemen Strategic di Fakultas Ekonomi dan Bisnis – Universitas Padjajaran pada Senin, (7/1/19). Maria meraih gelar doktor dengan disertasi berjudul “Strategi Bersaing UMKM Fesyen Moslem Online untuk peningkatan Ekonomi Kreatif di Jawa Barat.”

Penelitiannya ini mengkaji tentang para Pengusaha UMKM fesyen Moslem online di Jabar yang jumlahnya semakin lama semakin banyak namun tidak sedikit yang gagal bertahan. “Jadi saya ingin membantu menyusun strategi bersaing UMKM Fesyen Muslin Online, sehingga mereka memiliki kreasi nilai, berinovasi, memiliki strategi yang sesuai dan memiliki kinerja bisnis yang baik.”

Maria berharap penelititannya ini bisa menjadi rujukan untuk para pelaku bisnis, pengambil keputusan, akademisi, komunitas, dan lainnya. Sehingga dapat diaplikasikan dan diterapkan sehingga ekonomi di Jawa Barat dapat lebih meningkat terutama di sektor ekonomi kreatif yang merupakan potensi utama Jawa barat sekaligus menjadi fokus pemerintah saat ini.

“Melanjutkan kuliah S3 merupakan kesempatan untuk mengembangkan karier dosen sebagai peneliti dan pengembangan keilmuan kedepan, sehingga memiliki lingkungan akademik yg kondusif, temen-teman yang kooperatif dan support serta dukungan institusi tempat kita bekerja menjadi modal awal untuk semangat menyelesaikan kuliah S3 dan menjadi ahli dalam mengembangkan ilmu kedepan bersama kesinergian Telkom University membangun negeri.” tutup Maria.