Program Studi (Prodi) S1 IT merupakan salah satu Program Studi baru di Universitas Telkom yang mulai beroperasi pada tahun pelajaran 2017/2018.

Prodi ini memiliki fokus pembelajaran dan penelitian di bidang Teknologi Informasi khususnya bidang Jaringan dan Aplikasi Enterprise yang sedang populer di masa kini. Lulusannya diharapkan mampu mengisi berbagai bidang pekerjaan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, peneliti, maupun akademisi. Prodi S1 IT akan terus menerus berbenah untuk mewujudkan Visi dan Misi Prodi.

Prodi ini berbeda dengan jurusan mengenai komputer lainnya, yaitu: Ilmu Komputasi dan Teknik Informatika. Menurut salah satu mahasiswa Teknologi Informasi, Muhammad Faizal Ramadhan,  “Tidak seperti mahasiswa Teknik Informatika yang lebih mengarah praktek, Teknologi Informasi lebih memfokuskan pada bidang management.” Ia menambahkan, “bahasa yang digunakan dalam prodi ini adalah bahasa pascal pada semester satu dan C++ pada semester dua”.

Program studi ini memiliki 4 penjurusan dan kegiatan laboratorium yang menarik. Penjurusan yang ada pada prodi ini antara lain: Aplikasi dan Integrasi Sistem dan Jaringan Enterprise. Untuk kegiatan laboratorium yang mungkin kamu minati sesuai passion kamu antara lain: Artifical Intelligence Laboratory dan Software Engineering Laboratory (RPL) dan masih banyak lagi.

Walaupun masih terbilang jurusan baru, prospek kerja pada prodi ini tidak berbeda jauh dengan jurusan yang mirip dengannya. Prospek kerja yang paling populer dari jurusan ini adalah programmer dan ahli jaringan.

Mata Kuliah Wajib

  1. Pengantar Teknik Informatika
  2. Logika Matematika A
  3. Dasar Algoritma dan Pemrograman
  4. Matematika Diskrit
  5. Matriks dan Ruang Vektor

Pekerjaan yang sesuai dengan Lulusan prodi

  1. Programmer
  2. System Analyst
  3. IT Consultant
  4. Software Engineer & Database Engineer
  5. Software Developer
  6. Web Designer
  7. IT Executive
  8. Network Administrator & Network Support Engineer