Bagaimana Kehidupan Sebagai Mahasiswa di Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi?

D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi berdiri sejak tahun 1992 dan menjadi salah satu program studi diploma yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). Perubahan nama Sekolah Tinggi Teknologi Telkom menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) pada tahun 2007, memberi dampak  pada struktur pengelolaan prodi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi. Sejak perubahan tersebut prodi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dikelola dan dibina oleh Fakultas Informatika – Institut Teknologi Telkom (FIF – IT Telkom). Pada tahun 2013, penggabungan 4 insitusi pendidikan (salah satunya, IT Telkom) menjadi Universitas Telkom (UT) memberi dampak pada struktur pengelolaan prodi Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi. Dimana semua program studi diploma berada dalam 1 Fakultas. Untuk saat ini, pengelolaan dan pembinaan prodi Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dilakukan oleh Fakultas Ilmu Terapan – Universitas Telkom (FIT – UT)

 Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi merupakan nama baru untuk D3 Teknik Informatika berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 747/KPT/2018 tentang perubahan nama program studi. Program studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi saat ini terakreditasi dengan peringkat A berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0317/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2016 Tahun 2016. Kurikulum Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi dirancang dengan total beban 110 sks untuk lama studi 3 tahun / 6 semester.

Berbagai kegiatan mahasiswa yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi ditujukan untuk menghidupkan atmosfer akademik, yaitu terciptanya nuansa lingkungan yang berjiwa akademik melalui kreatifitas mahasiswa dan atas dosen sebagai perwujudan dari tridharma perguruan tinggi.

Riset kolaborasi dengan dosen. Program studi bekerjasama dengan Kelompok Keahlian Dosen dalam membina mahasiswa yang dilaksanakan oleh Laboratorium Chevalier Artist Studio (CSAS), Laboratorium Pride dan Laboratorium Gear. Lab ini telah berhasil membina mahasiswa untuk siap ikut dalam berbagai ajang perlombaan IT bertaraf Nasional dan Internasional, merintis pembentukan mahasiswa pengusaha/Start Up Bisnis di bidang IT, dan pembangunan sofware untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

Mata Kuliah Wajib ?

Mata kuliah yang mendukung kepada pembentukan kompetensi utama mahasiswa, yaitu matakuliah :

  1. Pengantar Desain Web/ Introduction to Web Design
  2. Pemrograman Berbasis Web / Web Programming
  3. Perancangan Basis Data / Database Design
  4. Pemrograman Berorientasi Obyek / Object Oriented Programming
  5. Rekayasa Perangkat Lunak/ Software Engineering
  6. Pemrograman untuk Perangkat Bergerak Dasar / Basic Mobile Programming
  7. Pemrograman untuk Perangkat Bergerak Lanjut / Advanced Mobile Programming

Mata Kuliah Pilihan merupakan mata kuliah penunjang untuk melengkapi kompetensi dasar yang sudah diberikan sebelumnya pada mata kuliah wajib. Yaitu:

  1. Implementasi Algoritma / Algorithm Implementation
  2. Perancangan Antarmuka Aplikasi / User Interface Design
  3. Multimedia Dasar / Introduction to Multimedia
  4. Pemodelan Digital untuk Visualisasi 3D Digital Drawing for 3D Visualization
  5. Multimedia Terapan / Applied Multimedia
  6. Pemrograman Berbasis Sensor Sensor Programming
  7. Pengujian Perangkat Lunak / Application Testing and Deployment

Peluang Karir ?

  1. Web Developer
  2. Mobile Developer
  3. IT – Helpdesk
  4. Data center/Processing
  5. UI Designer