Telkom University menjadi salah satu universitas swasta yang memiliki Mahasiswa/i, Dosen hingga staf akademik yang berasal hampir dari seluruh pelosok negeri. Lingkungan yang inklusif dan berbagai keberagaman membuat Telkom University menjadi sorotan publik, mulai dari orang tua, siswa, hingga dosen yang ingin mendaftarkan diri maupun anaknya untuk bergabung dengan Telkom University. Dosen dan Mahasiswa/i berasal dari berbagai pulau, suku dan juga budaya yang berbeda-beda mulai dari pulau aceh hingga papua yang kini menjadi satu kesatuan yaitu keluarga besar Telkom University. Mahasiswa Telkom University berasal dari 33 provinsi yang ada di Indonesia.

  • Laki-laki
  • Perempuan

UKM DAERAH

Keberagaman budaya Indonesia terlihat melalui berbagai kebudayaan daerah yang berkembang di masyarakat. Ragam asal daerah mahasiswa memberikan motivasi kepada sekelompok mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama dengan membuat suatu komunitas atau unit kegiatan mahasiswa untuk menyatukan kembali mahasiswa satu daerah yang berkuliah di Telkom University. UKM Daerah ini juga biasanya berisi perkumpulan mahasiswa dari berbagai macam daerah asal se-Indonesia. Sebagai generasi muda, mahasiswa Telkom University memiliki peran untuk meningkatkan nasionalisme karena mengandung nilai-nilai sosial dan merupakan tantangan untuk mempertahankan serta mewarisi ke generasi selanjutnya. Dalam UKM ini, mahasiswa akan belajar berbagai kebudayaan dan saling bertukar pengetahuan mengenai kebudayaan daerah asal. Melalui UKM Daerah, mahasiswa dapat berkonsentrasi pada peningkatan mutu pembinaan dalam dunia seni dan kebudayaan asal daerahnya serta menyalurkan minat dan kegemaran mahasiswa di bidang seni, memotivasi aspirasi, kreativitas dan kecintaan terhadap seni budaya bangsa.

FASILITAS DISABILITAS

Tak luput dari perhatian kampus, teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik juga telah diberikan fasilitas khusus selama berkuliah di Telkom University. Teman-teman yang berkursi roda tidak perlu khawatir, karena kampus telah menyediakan akses kursi roda ke gedung perkuliahan, masjid dan lain sebagainya. Selain itu, Telkom University juga memiliki fasilitas parkir dan toilet khusus disabilitas sehingga akan mempermudah teman-teman disabilitas. Dukungan sistem pembelajaran juga dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi teman-teman disabilitas. Fasilitas sistem pembelajaran tersebut yaitu Komunitas ‘Buddy’, Layanan Konseling, Friendly User Interface, Sistem Pembelajaran dengan Kurikulum Inklusif Khusus Disabilitas dan Peta Akses Disabilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut dibuat agar kenyamanan selama berkuliah di Telkom University tetap terjaga. Fasilitas ini akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan teman-teman yang memiliki keterbatasan.

PROGRAM BEASISWA

Selain fasilitas untuk disabilitas, Telkom University juga sangat memperhatikan keterbatasan biaya Mahasiswa/i sehingga disediakannya program beasiswa bagi Mahasiswa/i yang kurang mampu dan memiliki bakat, minat dan tekad yang kuat untuk berkuliah di Telkom University. Berbagai macam jenis beasiswa yang diberikan ialah beasiswa penuh dan sebagian. Beasiswa diberikan dari berbagai pihak internal maupun eksternal. Pihak internal biasanya memberikan beasiswa kepada Mahasiswa/i yang memiliki prestasi lomba dengan cara memberikan beasiswa pemotongan biaya SPP dengan jumlah tertentu sesuai dengan tingkat prestasi. Berikut daftar beasiswa yang disediakan:

1. Beasiswa Telkom University, merupakan program beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa baru Telkom University yang ingin berkuliah di Telkom University yang dapat diperoleh melalui beberapa jalur beasiswa seperti Jalur Prestasi Unggulan (JPU), Jalur Prestasi Akademik (JPA), Best 3, dll.
2. Beasiswa Kompetisi, merupakan beasiswa yang yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA di seluruh Indonesia. Jalur Beasiswa merupakan jalur seleksi melalui tes online.
3. Beasiswa Keagamaan, merupakan beasiswa yang bagi siswa siswi yang memiliki prestasi keagamaan atau aktif pada kepengurusan kerohanian baik untuk agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha maupun Konghucu dari SMA, SMK, dan sederajat.
4. Beasiswa Telkomsel Ikatan Dinas, merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Indonesia. Beasiswa ini hanya dibuka untuk beberapa jurusan saja, yaitu jurusan S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Desain Komunikasi Visual.
5. Beasiswa APERTI BUMN, merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN, yaitu Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).
6. Beasiswa KIP Kuliah Merdeka, merupakan jalur seleksi beasiswa yang diadakan bagi siswa-siswi SMA / SMK / MA yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.
7. Beasiswa IDCloudhost, merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh IDCloudhost bekerja sama dengan Telkom University.
8. Beasiswa Forum OSIS Jawa Barat, merupakan beasiswa yang diperuntukan khusus siswa-siswa pengurus OSIS se-Jawa Barat.
9. Beasiswa OSC, merupakan program beasiswa yang diadakan atas kerjasama dengan Medcom. OSC sendiri (Online Scholarship Competition) merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia ini diadakan oleh situs berita & video Medcom.id.