21 Aug 2018

Tingkatkan Literasi Keuangan, Telkom University dan OJK Jalin Kerjasama

BANDUNG, Telkom University –  Telkom University bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sepakat untuk mengembangkan sector jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen di sector jasa keuangan, hal tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada Senin (20/8) di Gedung Wisma Mulia 2 lantai 17, Jakarta.

Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut ditandatangani oleh Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D., dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso

Dalam acara penandatanganan MoU juga OJK sekaligus meresmikan OJK Innovation Centre for Digital Financial Technology (OJK Infinity) yang bertujuan untuk membangun ekosistem fintech menjadi bagian sistem keuangan nasional yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dalam sambutannya Wimboh Santoso mengatakan OJK Infinity akan menjadi wadah diskusi serta kolaborasi antara industri, regulator, pemerintah, akademisi dan innovation.

“Diharapkan hasil diskusi tersebut akan merujuk pada 3 fungsi utama dari OJK Infinity yakni 1) Memfasilitasi regulatory sandbox selaku inkubator Fintech untuk menyeimbangkan inovasi dengan perlindungan konsumen. 2) Sebagai innovation hub untuk pengembangan Industri Keuangan Digital (IKD) sekaligus pengembangan ekosistem IKD secara menyeluruh. 3) Sebagai sentra edukasi baik bagi pelaku jasa keuangan, konsumen maupun akademisi yang akan menjadi pegiat IKD sebagai pelaku ekonomi Indonesia kedepan.” Ucapnya.

Wimboh Santoso menambahkan dimasa mendatang OJK Infinity akan memperluas kerjasama dengan institusi pendidikan maupun sektor swasta.
“Kami akan jalin kerjasama bagi sector pendidikan yang memiliki komitmen sejalan dalam pengembangan sektor keuangan digital, salah satunya adalah OJK bekerjasama dengan Telkom University melalui Nota Kesepahaman dalam lingkup penelitian dan pembentukan program Pendidikan Magister di bidang IKD,” ucapnya.

Penandatanganan MoU antara Telkom University dan OJK juga disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Menteri Kominfo mengapresiasi upaya OJK dengan mengembangkan Fintech Center. “Saya ucapkan selamat atas diluncurkannya Fintech Center karena teknologi yang kini berkembang luar biasa tidak bisa ditahan,” katanya.